(GFD-2022-8945) [SALAH] Donasi Kembalian Konsumen Minimarket Disumbangkan Ke Badan Sosial GKI

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 09/01/2022

Berita

Beredar pesan berantai pada Whatsapp berisi pengalaman berbelanja di mini market dan mengklaim bahwa kembalian uang receh hasil donasi dari konsumen akan didonasikan untuk badan sosial GKI.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran, melalui situs resmi indomaret.co.id di halaman donasi konsumen bahwasanya hasil donasi yang dikumpulkan diberikan untuk komunitas adat terpencil, penderita kanker, penyandang disabilitas serta Palang Merah Indonesia (PMI).

Sementara itu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola minimarket Alfamart Alfamidi mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala dan transparan sebagai tanggung jawab etika kepada publik.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengatakan, dengan partisipasi yang lebih luas, akan lebih banyak masyarakat prasejahtera yang menerima manfaatnya.

“Partisipasi masyarakat dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan Alfamart dapat disalurkan melalui Donasi-Ku Belanja dengan mendonasikan sebagian uang kembaliannya, masyarakat juga dapat berpartisipasi langsung melalui Donasi-Ku Bebas tanpa perlu berbelanja terlebih dahulu,” paparnya.

Pakar CSR, Kotler & Lee (2005) mengemukakan bahwa partisipasi konsumen termasuk dalam kategori Corporate Cause Promotions (CCP). Melalui CCP, perusahaan mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang bertujuan membantu masyarakat luas di berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, sampai pemberdayaan usaha kecil.

Kesimpulan

Bukan ke badan sosial GKI. Pihak Indomaret menjelaskan bahwa hasil donasi konsumen akan diberikan untuk komunitas adat terpencil, penderita kanker, penyandang disabilitas dan PMI. Sedangkan Alfamart, donasi disalurkan untuk aksi kemanusiaan di bidang pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, sampai pemberdayaan usaha kecil.

Rujukan