(GFD-2021-6248) [SALAH] WhatsApp Dikenai Biaya setelah Diakuisisi oleh Facebook

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 03/02/2021

Berita

“PERINGATAN TERAKHIR
“Jangan mengabaikan pesan ini, tolong baca dengan saksama” Halo, saya VARUN PULYANI direktur whatsapp, pesan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada para pengguna kami bahwa kami telah menjual whatsapp kepada Mark Zuckeberg seharga 19 miliar $. WhatsApp sekarang dikelola oleh mark zuckeberg. Jika anda memiliki setidaknya 20 orang dalam kontak anda sebarkan pesan ini dan logo akun whatsapp anda akan berubah menjadi logo “f” milik facebook dalam kurun waktu 24 jam. Sebarkan pesan ini ke lebih dari 10 orang untuk mengaktivasi versi akun whatsapp anda yang baru dengan layanan dari facebook jika tidak akun anda akan dihapus dari sever yang baru.

Hasil Cek Fakta

Pengguna Facebook Avic zoom mengunggah sebuah narasi (23/1) yang menyatakan bahwa pengguna WhatsApp akan dikenai biaya setelah aplikasi tersebut diakuisisi oleh Facebook. Narasi tersebut meminta para pengguna untuk menyebarkan pesan ke lebih dari 10 orang guna memperbarui versi WhatsApp yang dilengkapi dengan layanan dari Facebook. Jika pengguna tidak menyebarkan pesan tersebut, maka akun pengguna akan dihapus dan pengguna akan dikenai biaya 25 dolar per bulan untuk melakukan aktivasi ulang.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi serupa sudah beredar sejak tahun 2012 yang lalu. Pihak WhatsApp melalui situs resminya juga telah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengenakan biaya kepada pengguna. WhatsApp memang pernah menerapkan biaya sebesar 0.99 dolar per tahun, namun biaya tersebut telah dihapuskan sejak tahun 2016.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Avic zoom tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Narasi serupa sudah beredar sejak tahun 2012 yang lalu. Pihak WhatsApp melalui situs resminya juga telah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengenakan biaya kepada pengguna.

Rujukan