tirto.id - Februari lalu, WINGS Group Indonesia, melalui WINGS Food, resmi meluncurkan produk baru Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)-nya, AQUVIVA. Sayangnya, belum lama diluncurkan, muncul konten-konten di media sosial yang berpotensi merupakan misinformasi terkait WINGS Group dan produk ini.
ADVERTISEMENT
Seperti unggahan konten yang muncul di Facebook baru-baru ini, yang mengatasnamakan AQUVIVA. Beberapa akun mengunggah konten video dengan narasi yang mengajak masyarakat untuk bermitra dengan AQUVIVA. Misalnya konten video yang diunggah akun Facebook bernama "Aquviva Wingsfood Idn" (arsip) dan akun bernama "Aquviva Indonesia" (arsip).
let gpt_inline2 = window.googletag || {cmd: []};gpt_inline2.cmd.push(function() {gpt_inline2.defineSlot('/22201407306/tirto-desktop/inline-2', [[336, 280], [300, 250]], 'gpt-inline2-passback').addService(gpt_inline2.pubads());gpt_inline2.pubads().enableSingleRequest();gpt_inline2.pubads().collapseEmptyDivs();gpt_inline2.enableServices();gpt_inline2.display('gpt-inline2-passback');});
Dalam unggahan video yang diposting akun "Aquviva Wingsfood Idn", terdapat takarir yang berbunyi, "Kemitraan Aquviva Telah Dibuka!".
let gpt_inline3 = window.googletag || {cmd: []};gpt_inline3.cmd.push(function() {gpt_inline3.defineSlot('/22201407306/tirto-desktop/inline-3', [[336, 280], [300, 250]], 'gpt-inline3-passback').addService(gpt_inline3.pubads());gpt_inline3.pubads().enableSingleRequest();gpt_inline3.pubads().collapseEmptyDivs();gpt_inline3.enableServices();gpt_inline3.display('gpt-inline3-passback');});
#gpt-inline3-passback{text-align:center;}
Narasi ini disertai dengan embel-embel bonus berupa showcase eksklusif, ribuan botol produk, dan branding resmi dari AQUVIVA. Di penghujung keterangan, disertai pula nomor telepon untuk dihubungi.
let gpt_inline4 = window.googletag || {cmd: []};gpt_inline4.cmd.push(function() {gpt_inline4.defineSlot('/22201407306/tirto-desktop/inline-4', [[336, 280], [300, 250]], 'gpt-inline4-passback').addService(gpt_inline4.pubads());gpt_inline4.pubads().enableSingleRequest();gpt_inline4.pubads().collapseEmptyDivs();gpt_inline4.enableServices();gpt_inline4.display('gpt-inline4-passback');});
#gpt-inline4-passback{text-align:center;}
Periksa Fakta Aquviva. foto/Hotline periksa Fakta Tirto
Sementara videonya sendiri tampak seperti promo acara peluncuran produk AQUVIVA. Di video tersebut juga terpampang jelas nomor telepon yang ditulis akun tersebut di takarir postingan.
ADVERTISEMENT
Video yang diunggah pada 16 Mei 2025 lalu itu telah ditonton sebanyak 112 ribu kali dan mendapatkan 688 tanda suka (likes) per 12 Juni 2025. Selain itu, video tersebut juga mengumpulkan 124 komentar dan sudah dibagikan sebanyak 24 kali.
Saat Tirto mengecek kolom komentar unggahan tersebut, terpantau banyak komentar yang tampak berminat dengan tawaran bermitra sebagaimana narasi dalam video yang diunggah. Namun, beberapa komentar juga tampak menaruh kecurigaan karena diminta untuk melakukan transfer terlebih dahulu ketika menghubungi nomor yang tercantum pada video.
Dengan begitu, benarkah AQUVIVA mengadakan program kemitraan ini?
(GFD-2025-27497) Hoaks Program Kemitraan AQUVIVA
Sumber:Tanggal publish: 12/06/2025
Berita
Hasil Cek Fakta
Penelusuran Tirto menemukan, akun-akun yang mengunggah video dengan narasi AQUVIVA telah membuka program kemitraan bukanlah akun resmi dari produk air mineral tersebut. Akun-akun tersebut tampak asli karena memakai foto profil dengan gambar produk AQUVIVA.
Berdasarkan informasi di situs resminya, akun media sosial resmi AQUVIVA untuk Facebook adalah akun ini dan di Instagram adalah akun ini. Ketika Tirto mengecek unggahan dari akun media sosial resmi AQUVIVA, tidak ditemukan satupun unggahan yang menyebarkan informasi soal program kemitraan.
Justru, lewat akun media sosial resminya, AQUVIVA mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tersebut. Unggahan tersebut menyatakan bahwa AQUVIVA tidak menyelenggarakan program kemitraan dan WINGS Food tidak pernah meminta deposit atau imbalan apapun.
“Waspadai nomor yang beredar. Apabila kamu ingin menjadi agen resmi AQUVIVA, dapat menghubungi melalui Instagram, TikTok, X dan Facebook @aquviva_id atau melalui WINGS Customer Care 021-5907-7907,” bunyi klarifikasi dalam akun Instagram resmi jenama tersebut.
Dengan begitu, kuat dugaan akun-akun lain yang menyerupai AQUVIVA di media sosial dan menawarkan program kemitraan dengan deposit merupakan modus penipuan mengatasnamakan AQUVIVA. Media sosial dan kontak resmi AQUVIVA sendiri bisa dilihat di laman situs resmi jenama tersebut.
Berdasarkan informasi di situs resminya, akun media sosial resmi AQUVIVA untuk Facebook adalah akun ini dan di Instagram adalah akun ini. Ketika Tirto mengecek unggahan dari akun media sosial resmi AQUVIVA, tidak ditemukan satupun unggahan yang menyebarkan informasi soal program kemitraan.
Justru, lewat akun media sosial resminya, AQUVIVA mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tersebut. Unggahan tersebut menyatakan bahwa AQUVIVA tidak menyelenggarakan program kemitraan dan WINGS Food tidak pernah meminta deposit atau imbalan apapun.
“Waspadai nomor yang beredar. Apabila kamu ingin menjadi agen resmi AQUVIVA, dapat menghubungi melalui Instagram, TikTok, X dan Facebook @aquviva_id atau melalui WINGS Customer Care 021-5907-7907,” bunyi klarifikasi dalam akun Instagram resmi jenama tersebut.
Dengan begitu, kuat dugaan akun-akun lain yang menyerupai AQUVIVA di media sosial dan menawarkan program kemitraan dengan deposit merupakan modus penipuan mengatasnamakan AQUVIVA. Media sosial dan kontak resmi AQUVIVA sendiri bisa dilihat di laman situs resmi jenama tersebut.
Kesimpulan
Berdasarkan penelusuran fakta yang dilakukan, konten video di Facebook dengan narasi ajakan program kemitraan AQUVIVA dengan instruksi melakukan deposit bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).
Narasi dan konten tersebut mengarahkan masyarakat untuk menghubungi nomor telepon yang bukan kontak resmi AQUVIVA. Selain itu, konten-konten tersebut tidak berasal dari akun resmi AQUVIVA. Kuat dugaan narasi tersebut merupakan modus penipuan yang mencatut AQUVIVA .
==
Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Decode, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id.
Narasi dan konten tersebut mengarahkan masyarakat untuk menghubungi nomor telepon yang bukan kontak resmi AQUVIVA. Selain itu, konten-konten tersebut tidak berasal dari akun resmi AQUVIVA. Kuat dugaan narasi tersebut merupakan modus penipuan yang mencatut AQUVIVA .
==
Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Decode, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id.
Rujukan
- https://www.facebook.com/reel/624954500578619/?referral_source=external_deeplink
- https://archive.ph/3jU8R
- https://web.facebook.com/reel/1085603056799403
- https://archive.ph/xqCFl
- https://www.facebook.com/aquviva.id/
- https://www.instagram.com/aquviva_id/?utm_source=website&utm_medium=click&utm_campaign=aquviva
- https://www.instagram.com/p/DJquYaDS7wD/?igsh=MzN1ZzBzNWp3Zmx6
- https://aquviva.co.id/contact