(GFD-2024-23423) [HOAKS] FIFA Putuskan Laga Indonesia Vs Bahrain Diulang 17 Oktober 2024

Sumber:
Tanggal publish: 16/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) diklaim telah memutuskan untuk mengulang laga Indonesia melawan Bahrain di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut sejumlah unggahan, ulangan pertandingan itu akan digelar pada 17 Oktober 2024. Namun, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Adapun pertandingan Indonesia melawan Bahrain yang digelar pada Kamis (10/10/2024) berakhir dengan skor imbang 2-2.

Kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dalam laga itu menjadi sorotan karena dianggap merugikan Indonesia.

Ia meniup peluit akhir pertandingan melebihi tambahan waktu yang diberikan. Hal itu akhirnya membuat Indonesia kebobolan di menit ke-99 dan gagal meraih kemenangan.

Narasi yang mengeklaim FIFA memutuskan laga Indonesia melawan Bahrain diulang pada 17 Oktober 2024 muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Threads ini serta Facebook ini, ini.

Akun tersebut membagikan video yang menampilkan Presiden FIFA Gianni Infantino sedang berpidato dan diberi keterangan:

Laga Indonesia vs Bahrain di ulang 17 Oktober ini.

Narator video menyebutkan, laga itu diulang setelah FIFA menemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh wasit.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri klip pada awal video yang menampilkan Gianni Infantino sedang berpidato.

Hasilnya, video tersebut identik dengan unggahan di kanal YouTube ini. 

Dalam video, Infantino mengecam negara Barat karena terus melancarkan kritik terhadap Piala Dunia Qatar 2022 yang dianggap melanggar hak asasi manusia (HAM). 

Adapun Qatar telah banyak mendapat kritik sejak 2010 ketika mereka ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar di dunia itu. 

Sementara itu, sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid laga Indonesia melawan Bahrain akan diulang. Di laman resmi FIFA juga tidak ditemukan informasi tersebut.

Adapun timnas Indonesia akan melawan China di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Selasa (15/10/2024). Pertandingan itu digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, China.

Kesimpulan

Video yang mengeklaim FIFA memutuskan laga Indonesia melawan Bahrain diulang pada 17 Oktober 2024 merupakan informasi yang tidak benar atau hoaks.

Dalam video aslinya, Presiden FIFA Gianni Infantino mengecam negara Barat karena terus melancarkan kritik terhadap Piala Dunia Qatar 2022 yang dianggap melanggar HAM. 

Sementara itu, di laman resmi FIFA juga tidak ditemukan informasi laga Indonesia melawan Bahrain akan diulang.

Rujukan