(GFD-2024-23419) [HOAKS] Wasit Ahmed Al Kaf Klarifikasi soal Laga Indonesia Vs Bahrain

Sumber:
Tanggal publish: 15/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video yang diklaim menampilkan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf memberikan klarifikasi terkait laga Indonesia melawan Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (10/10/2024).

Namun, setelah ditelusuri unggahan tersebut informasinya keliru atau hoaks. 

Sebagai konteks, kepimpinan Ahmed Al Kaf dalam laga Indonesia melawan Bahrain menjadi sorotan. Ia dianggap membuat keputusan kontroversial yang merugikan Indonesia.

Kontoversinya yakni membiarkan masa perpanjangan waktu babak kedua melebihi durasi yang ditentukan. Hal itu membuat Indonesia kebobolan di menit ke-99 dan gagal mengemas kemenangan.

Video yang diklaim menampilkan Ahmed Al Kaf memberikan klarifikasi terkait laga Indonesia melawan Bahrain muncul di sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini dan ini.

Akun tersebut membagikan video yang menampilkan Al Kaf sedang diwawancara menggunakan Bahasa Arab.

Dalam takarir video, Ahmed Al Kaf diklaim mengatakan bahwa ia membiarkan masa perpanjangan waktu melebihi durasi yang ditentukan atas perintah Sultan Arab, yang tidak disebut namanya.

Hal itu dilakukan supaya Bahrain bisa mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, video yang menampilkan Ahmed Al Kaf tersebut identik dengan unggahan di kanal YouTube ini.

Judul video itu ditulis menggunakan bahasa Arab yang artinya "Wawancara antara Al Hashimi dan wasit Al Kaf tentang Federasi Sepak Bola Oman".

Video itu telah diunggah pada 30 Januari 2024, jauh sebelum laga Indonesia melawan Bahrain pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (10/10/2024).

Dalam video itu Ahmed Al Kaf ditanya tentang pendapatnya terkait kinerja Federasi Sepak Bola Oman. Menurut dia, Federasi Sepak Bola Oman telah memberikan upaya terbaiknya.

Selain itu Ahmed Al Kaf juga berbicara soal kemungkinan wasit asal Oman memimpin laga Piala Dunia 2026.

Adapun sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid Ahmed Al Kaf memberikan klarifikasi soal kepemimpinannya dalam laga Indonesia melawan Bahrain. 

Kesimpulan

Video yang diklaim menampilkan Ahmed Al Kaf memberikan klarifikasi terkait laga Indonesia melawan Bahrain tidak benar.

Video aslinya telah diunggah pada Januari 2024, sebelum laga Indonesia melawan Bahrain. 

Dalam video asli itu Ahmed Al Kaf menyampaikan pendapatnya terkait kinerja Federasi Sepak Bola Oman.

Rujukan