(GFD-2024-23409) [HOAKS] The Simpsons Prediksi Badai Milton

Sumber:
Tanggal publish: 15/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi yang mengeklaim serial animasi The Simpsons telah memprediksi Badai Milton.

Sebagaimana diketahui, Badai Milton menghantam Florida, Amerika Serikat, pada 9 Oktober 2024 malam, dan mengakibatkan rumah hancur, pohon tumbang, serta jaringan listrik putus.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi The Simpsons telah memprediksi Badai Milton hoaks.

Narasi The Simpsons telah memprediksi Badai Milton dibagikan oleh akun Facebook ini pada 10 Oktober 2024. Berikut narasi yang dibagikan:

Teori (Badai Milton dan The Simpsons)

Narasi itu disertai klip yang menampilkan potongan episode The Simpsons. Tampak pembawa acara TV membacakan berita "Hurricane Milton".

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri potongan video The Simpsons yang disertakan dalam narasi tersebut menggunakan Google Lens.

Hasilnya, gambar yang mirip ditemukan di situs Simpons Wiki. Namun, pembawa acara TV dalam gambar tersebut membacakan berita "Hurricane Barbara", bukan "Hurricane Milton".

Berdasarkan keterangan yang dicantumkan, gambar tersebut berasal dari episode "Hurricane Neddy" yang tayang perdana pada 29 Desember 1996.

Episode itu menceritakan sebuah badai yang diberi nama Barbara, menerjang Springfield. Keluarga Simpsons selamat, tetapi rumah keluarga Flanders hancur.

Keadaan menjadi lebih buruk ketika semua orang di kota berkumpul untuk membangun kembali rumah Flanders, tetapi secara asal-asalan.

Ned Flanders pun memaki semua orang termasuk Homer Simpson.

Kemudian, Ned memasukkan dirinya ke rumah sakit jiwa. Di tempat itu, terapis masa kecil Ned mengungkap alasan ia marah kepada semua orang.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi The Simpsons telah memprediksi Badai Milton adalah hoaks.

Klip The Simpsons yang dibagikan di Facebook adalah hasil manipulasi. Klip asli menampilkan "Hurricane Barbara", bukan "Hurricane Milton".

Rujukan