(GFD-2024-23408) [HOAKS] Raja Bahrain Malu karena Kecurangan Saat Melawan Timnas Indonesia

Sumber:
Tanggal publish: 15/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Sebuah video menampilkan Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa, namun hadir dengan narasi terkait penampilan tim nasional sepak bola negaranya.

Narasi yang beredar menyebutkan, Raja Bahrain mengatakan malu atas tindakan tim nasional (Timnas) Bahrain yang curang saat melawan Timnas Indonesia.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi yang beredar tidak benar atau hoaks.

Sebagai konteks, pertandingan Indonesia melawan Bahrain dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (10/10/2024) berakhir imbang.

Jelang akhir pertandingan, wasit Ahmed Al Kaf tidak meniup peluit meski waktu tambahan telah habis. Akibatnya, Bahrain mencetak gol sehingga skor menjadi 2-2.

Video Raja Bahrain malu karena kecurangan saat melawan Timnas Indonesia, disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, ini, ini, dan ini.

Hamad bin Isa Al Khalifa hanya muncul di 15 detik awal video, selebihnya klip dan narator membahas mengenai pertandingan Indonesia melawan Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berikut narasi yang ditulis salah satu akun pada Sabtu (12/10/2024):

Raja Bahrain Ngaku Malu Timnya Curangi IndonesiaREAKSI BERKELAS !! Raja Bahrain Ngaku Malu Timnya Curangi Indonesia

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com mengambil tangkapan layar menampilkan Raja Bahrain, kemudian melakukan pencarian reverse image dengan Google Lens.

Hasil pencarian mengarahkan ke video di kanal YouTube Paris Peace Forum, pada 10 November 2021.

Ia menyampaikan salam dan pidatonya dalam Forum Perdamaian Paris ke-4. Isi pidato tersebut tidak terkait dengan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Narator dalam video yang beredar menyebutkan bahwa Raja Bahrain tidak menghadiri pertandingan dan kecewa dengan laga Timnas Bahrain.

Namun, berdasarkan laporan Agensi Berita Bahrain, Shaikh Khalid bin Hamad Al Khalifa hadir di Stadion Nasional Bahrain pada Kamis (10/10/2024).

Ia tidak kecewa, tetapi justru memuji pencapaian timnas negaranya dan para suporter.

Sejauh ini tidak ditemukan berita, laporan, atau pernyataan resmi yang mendukung klaim kekecewaan Raja Bahrain saat timnas negaranya melawan timnas Indonesia.

Kesimpulan

Narasi mengenai Raja Bahrain malu karena kecurangan saat melawan Timnas Indonesia merupakan hoaks.

Video Shaikh Khalid bin Hamad Al Khalifa diambil dari Forum Perdamaian Paris ke-4 pada 10 November 2022 dan tidak terkait Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tidak ada berita, laporan, atau pernyataan resmi dari Raja Bahrain mengenai kekecewaan terhadap timnas negaranya.

Rujukan