(GFD-2024-23407) [KLARIFIKASI] Messi Bermain Gitar dengan Ronaldo Merupakan Rekayasa AI

Sumber:
Tanggal publish: 15/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar video yang menampilkan bintang sepak bola Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sedang bermain gitar bersama.

Messi dan Ronaldo selama ini dikenal karena rivalitas mereka untuk menjadi yang terbaik, terutama saat bermain di Liga Spanyol.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut merupakan rekayasa artificial intelligence (AI).

Video yang menampilkan Messi dan Ronaldo sedang bermain gitar bersama muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini.

Salah satu akun menuliskan keterangan:

Ketika Messi dan Ronaldo menunjukkan skilnya bermain gitar #fajta #ronaldo #messi #gitar

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook, video yang diklaim menampilkan Messi dan Ronaldo bermain gitar bersama

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com mengambil tangkapan layar dalam video tersebut. Kemudian, menelusurinya menggunakan teknik reverse image search.

Hasilnya ditemukan video serupa di akun Instagram @433 ini.

Video itu diberi keterangan "Imagine this duo". Selain itu terdapat keterangan bahwa video dibuat oleh akun Instagram @elcuriososhelby.

Akun tersebut kerap membuat konten rekayasa yang menampilkan beberapa pemain sepak bola seperti Messi, Ronaldo, Neymar, dan Mbappe seolah sedang memainkan alat musik.

Setelah dicek menggunakan Hive Moderation, video Messi dan Ronaldo bermain gitar terdeteksi dihasilkan AI dengan probabilitas mencapai 97,3 persen.

Kesimpulan

Video yang menampilkan Messi dan Ronaldo sedang bermain gitar bersama merupakan hasil rekayasa AI. 

Setelah dicek menggunakan Hive Moderation, video Messi dan Ronaldo bermain gitar terdeteksi dihasilkan AI generatif dengan probabilitas mencapai 97,3 persen.

Rujukan