(GFD-2024-23384) [HOAKS] Foto Menkominfo Budi Arie Sujud di Hadapan Jokowi

Sumber:
Tanggal publish: 14/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi yang mengeklaim Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi bersujud di hadapan Presiden Joko Widodo.

Narasi itu disertai foto seorang pria berbaju putih yang bersujud di hadapan Jokowi, yang dinarasikan sebagai Budi Arie.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Narasi yang mengeklaim Menkominfo Budi Arie Setiadi bersujud di hadapan Jokowi dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada September 2024.

Berikut narasi yang dibagikan:

*Budi Arie nyembah Raja Jawa. Baru kali ini terjadi, ada menteri nyembah presiden. Bukan hoax dan bukan editan. Clear.* Kok ada manusia sehina itu ya? Manusia menyembah manusia ...

Dulu pak Noe'man alm, Arsitek masjid Salman, disuruh hormat ke arah Jepang dengan gaya Jepang saja ndak mau, padahal ketika itu Jepang sedang menjajah Indonesia tetapi pak Noe'man gak takut. Beliau gak takut karena aqidah/tauhidnya benar. Hanya ber-Tuhan Allah SWT 

Bagaimana pendapat Anda dengan perilaku ini?  _*Menjilat² Saja Sudah Cukup, Tetapi TIDAK Perlu Serendah itu JUGA laaaa *_ *) Budi Ari adalah Menkoinfo saat ini dan ketua Projo

Hasil Cek Fakta

Pria dalam foto bukan Budi Arie, tapi seorang tamu yang menghadiri acara open house Idul Fitri 1440 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, pada 5 Juni 2019.

Seperti yang pernah diberitakan Kompas.com, salah seorang tamu yang berasal dari masyarakat umum tiba-tiba sujud di hadapan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Awalnya, Jokowi dan Iriana berdiri di tengah ruang depan Istana Negara. Saat itu, mulai dari pejabat negara hingga masyarakat umum bergantian bersalaman dengan keduanya.

Sekitar pukul 10.30 WIB, salah seorang tamu laki-laki berbaju putih sampai pada antrean depan. Tinggal beberapa orang lagi, ia sudah berhadap-hadapan dengan Kepala Negara.

Aksi pria tersebut membuat Jokowi dan Iriana terkaget-kaget. Keduanya masing-masing bergeser ke samping kiri dan kanan lantaran terkejut sekaligus menghindar dari sujud pria itu.

Kemudian, Jokowi menghampiri pria itu, memegang bahunya dan memintanya berdiri. Seorang Paspampres juga membantunya untuk berdiri.

Pria tersebut mengungkapkan sesuatu kepada Jokowi. Namun, tidak jelas apa yang ia katakan. Sambil setengah terisak, ia mendekati Jokowi dan Iriana kemudian menyalami mereka.

Setelah itu, sama seperti tamu yang lainnya, ia berjalan keluar ke pelataran Istana Negara. Tak diketahui identitas pria tersebut dan apa alasan ia bersujud di depan Jokowi serta Iriana.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, Narasi yang mengeklaim Menkominfo Budi Arie Setiadi bersujud di hadapan Jokowi adalah hoaks.

Pria dalam foto bukan Budi Arie, tapi seorang tamu yang menghadiri acara open house Idul Fitri 1440 Hijriah di Istana Negara, Jakarta, pada 5 Juni 2019.

Rujukan