(GFD-2024-23379) [PENIPUAN] Calon Bupati Bandung Sahrul Gunawan Mau Transfer Rp20 Juta untuk Pendukung

Sumber: TikTok.com
Tanggal publish: 15/10/2024

Berita

Beredar video pada Sabtu (9/10/2024) di TikTok [arsip] yang menunjukkan Sahrul Gunawan—calon bupati Bandung nomor urut 2—menyebut akan transfer uang Rp20 juta bagi yang mendukungnya sebagai dalam Pilkada 2024.

Berikut narasi lengkapnya:

“JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN INI SUDAH RESEKI UNTUK KAMU. AMANAH AKUN BERBAGI RESMI SAYA.”

“Halo semua saya Sahrul Gunawan resmi mencalonkan diri menjadi bupati Bandung hari ini, siapa saja yang sudah tekan love, tanda panah, dan komentar mendukung saya menjadi bupati Bandung, saya akan transfer 20 juta sekarang juga ini resmi langsung dari saya ya yang bilang hoax, biarkan saja yang penting kamu sudah dapat.”

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok “AKUN KHUSUS PENGAMBILAN HADIAH”. Di bagian bio, tertulis pengambilan hadiah dilakukan dengan menghubungi kontak WhatsApp melalui tautan yang disematkan. Hingga Selasa (15/10/2024), video telah ditonton lebih dari 1.000 kali dan disukai 75 akun.

Hasil Cek Fakta

Setelah dilakukan pendeteksian menggunakan Hive Moderation, audio dari unggahan akun TikTok “AKUN KHUSUS PENGAMBILAN HADIAH” itu memiliki probabilitas 99,9% sebagai konten buatan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Dari penelusuran dengan menggunakan Google Lens, gambar yang dipakai dalam unggahan tersebut serupa dengan yang dipublikasikan dalam artikel kapanlagi.com, terdapat keterangan kalau gambar asli berasal dari akun Instagram pribadi Sahrul Gunawan (@sahrulgunawanofficial).

Masyarakat perlu berhati-hati terhadap modus penipuan berupa iming-iming hadiah dengan arahan menghubungi sebuah nomor. Pelaku nantinya akan meminta data pribadi yang bersifat rahasia untuk disalahgunakan.

Kesimpulan

Dengan demikian, unggahan dengan narasi “Sahrul Gunawan transfer Rp20 juta bagi yang mendukungnya” merupakan konten palsu (fabricated content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)

Rujukan