(GFD-2024-23371) [PENIPUAN] Tautan Pendaftaran Penerima Dana Bansos PKH 2024

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 14/10/2024

Berita

Akun halaman Facebook β€œBansos 2024” membagikan informasi [arsip] berupa tautan pendaftaran Dana Bansos. Pengunggah mengeklaim bantuan dari pemerintah itu nilainya Rp500 ribu untuk tiap penerima. Berikut narasi lengkapnya:

β€œπ‘·π’†π’Žπ’†π’“π’Šπ’π’•π’‚π’‰ π’Žπ’†π’π’ˆπ’†π’π’–π’‚π’“π’Œπ’‚π’ 𝑫𝒂𝒏𝒂 𝑩𝑨𝑡𝑺𝑢𝑺 π’ƒπ’‚π’ˆπ’Š 𝒔𝒆𝒍𝒖𝒓𝒖𝒉 π’Žπ’‚π’”π’šπ’‚π’“π’‚π’Œπ’‚π’• π’–π’π’•π’–π’Œ π’Žπ’†π’π’ˆπ’–π’“π’‚π’π’ˆπ’Š 𝒃𝒆𝒃𝒂𝒏 π’“π’‚π’Œπ’šπ’‚π’•.

( 𝑫𝒂𝒇𝒕𝒂𝒓 π‘Ίπ’†π’Œπ’‚π’“π’‚π’π’ˆ )

π‘»π’†π’Œπ’‚π’ π‘³π’Šπ’π’Œ π‘«π’Š π‘©π’‚π’˜π’‚π’‰ πŸ‘‡

𝑫𝒂𝒏 π’•π’†π’“π’Šπ’Žπ’‚ 𝑫𝒂𝒏𝒂 𝑩𝑨𝑡𝑺𝑢𝑺 π’”π’†π’π’Šπ’π’‚π’Š π‘Ήπ’‘πŸ“πŸŽπŸŽ.𝟎𝟎𝟎

πŸ“Œ π‘¨π’Žπ’ƒπ’Šπ’ 𝒅𝒂𝒏 π’„π’‚π’Šπ’“π’Œπ’‚π’ π’”π’†π’Œπ’‚π’“π’‚π’π’ˆ

TUNAIBANSOS[dot]VERCEL[dot]APP””

Hingga Senin (14/10/2024), unggahan yang beredar sejak Minggu (6/10/2024) tersebut telah memperoleh 39 tanda suka dan 15 komentar, mayoritas menunjukkan harapannya atas bantuan sosial (bansos) itu.

Hasil Cek Fakta

Menelisik tautan yang disematkan dalam unggahan, terindikasi formulir pendaftaran tersebut merupakan penipuan. Pasalnya, pendaftaran bukan melalui laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai pengelola bansos dari pemerintah pusat.

Berdasarkan pengamatan Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax), infografis dalam unggahan juga disunting dari publikasi IndonesiaBaik.id berjudul β€œBansos Uang Tunai Rp500 Ribu, Cek Namamu Terdaftar atau Tidak”.

Infografis asli menunjukkan tautan cekbansos.siks.kemsos.go.id menjadi laman untuk mengecek penerima nama penerima bansos, bukan tunaibansos[dot]vercel[dot]app seperti yang ditampilkan unggahan β€œBansos 2024”.

Melansir dari Detik.com, penerima bansos harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Adapun pendaftaran daring dilakukan melalui aplikasi β€œCek Bansos” di Play Store atau App Store yang telah disediakan Kemensos.

Pendaftaran DTKS bisa dilakukan secara mandiri dengan datang langsung ke kantor Desa/Kelurahan setempat, selanjutnya akan ada musyawarah di tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi kelayakan pendaftar sebagai penerima bansos.

Kesimpulan

Dengan demikian, tautan pendaftaran penerima Dana Bansos PKH 2024 dalam unggahan tersebut merupakan konten tiruan (impostor content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)

Rujukan