(GFD-2024-23367) [HOAKS] Wasit Ahmed Al Kaf Langsung Dipecat Usai Laga Indonesia vs Bahrain

Sumber:
Tanggal publish: 11/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi yang mengeklaim wasit Ahmed Al Kaf langsung dipecat karena keputusan kontroversialnya saat memimpin laga Indonesia melawan Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (10/10/2024).

Al Kaf menjadi sorotan karena tidak menghentikan laga tersebut meski waktu tambahan habis.

Indonesia yang unggul 2-1 gagal memetik kemenangan setelah Bahrain menyamakan skor pada menit 90+9, meski tambahan waktu yang diberikan hanya 6 menit.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks. Tidak ada bukti Al Kaf langsung dipecat seusai laga Indonesia melawan Bahrain.

Narasi wasit Ahmed Al Kaf langsung dipecat seusai laga Indonesia melawan Bahrain dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada Jumat (11/10/2024).

Berikut narasi yang dibagikan:

Tak berselang lama usai pertandingan Bahrain vs Indonesia wasit ini langsung dipecat oleh FIFA. (lisensi nya dicabut)

Hasil Cek Fakta

Tidak ditemukan pemberitaan kredibel tentang pemecatan wasit Ahmed Al Kaf seusai memimpin laga Bahrain melawan Indonesia, yang berakhir imbang 2-2.

Menurut situs transfermarkt.com, Al Kaf merupakan warga negara Oman kelahiran 6 Maret 1983, dan menjadi wasit FIFA sejak 2010. 

Kinerja Al Kaf saat memimpin laga Indonesia melawan Bahrain menjadi sorotan, karena tidak menghentikan pertandingan meski waktu tambahan sudah habis.

Saat pertandingan mencapai menit ke-90, Al Kaf memberikan tambahan waktu atau injury time selama enam menit. Itu berarti laga seharusnya usai pada menit ke-90+6.

Namun, Al Kaf tidak menghentikan pertandingan sampai Bahrain membuat gol pada menit 90+9 atau tiga menit lebih lama dari waktu pertandingan seharusnya berakhir.

Selama babak tambahan waktu, tidak ada kejadian khusus yang membuat injury time dapat bertambah lebih dari waktu yang sudah ditetapkan.

Dilansir Kompas.com, Exco PSSI Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya akan mengajukan protes kepada AFC dan FIFA atas kepemimpinan Ahmed Al Kaf.

"Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol," kata Arya.

Hingga saat ini, Jumat (11/10/2024), belum ada tindak lanjut mengenai protes Indonesia. Bahkan, Indonesia secara resmi belum mengajukan protes.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi wasit Ahmed Al Kaf dipecat seusai laga Indonesia melawan Bahrain adalah hoaks.

Memang benar PSSI akan mengajukan protes kepada AFC dan FIFA atas keputusan kontroversial Ahmed Al Kaf dalam pertandingan tersebut.

Namun, tidak ditemukan pemberitaan kredibel tentang pemecatan wasit Ahmed Al Kaf seusai memimpin laga Bahrain melawan Indonesia, yang berakhir imbang 2-2.

 

Rujukan