(GFD-2024-23366) [HOAKS] Presiden FIFA Anggap Gol Bahrain Tidak Sah

Sumber:
Tanggal publish: 11/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Pertandingan Indonesia melawan Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam menuai kontroversi.

Jelang akhir laga, wasit Ahmed Al Kaf tidak menghentikan pertandingan saat masa injury time melewati menit yang ditentukan. Akibatnya, Mohamed Marhoon kembali mencetak gol sehingga kedudukan berakhir imbang 2-2.

Di media sosial tersiar narasi bahwa Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino menganggap gol Bahrain tidak sah.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi itu tidak benar atau hoaks.

Informasi mengenai Infantino menganggap gol Bahrain tidak sah disebarkan oleh akun Facebook ini pada Jumat (11/10/2024). Arsipnya dapat dilihat di sini.

Berikut narasinya:

GOL dari Bahrain di anggap tidak Sah oleh Presiden FIFA karena ada kecurangan di pertandingan Indonesia vs Bahrain

 

Hasil Cek Fakta

Sejauh ini tidak ditemukan rilis atau pernyataan resmi dari Presiden FIFA Gianni Infantino terkait pertandingan Indonesia dan Bahrain.

Video hanya berisi kumpulan foto dan klip seputar pertandingan. Sementara, narator menyebutkan bahwa Presiden FIFA menyatakan gol Bahrain tidak sah.

Terdapat salah satu klip Infantino yang ditampilkan tanpa suara narator. Namun Infantino sama sekali tidak bicara mengenai Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Berikut ucapan Infantino dalam klip tersebut:

Everyone is free to do that. I want to mention here as well, I was discussing with the president of the Mexican Football Association sometimes...

Berikut terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

Semua orang bebas melakukan itu. Saya ingin menyebutkan di sini juga, saya pernah berdiskusi dengan presiden Asosiasi Sepak Bola Meksiko...

Berdasarkan aturan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB, keputusan wasit mengenai fakta-fakta yang berhubungan dengan permainan, termasuk tercipta atau tidaknya suatu gol dan hasil pertandingan, adalah final.

Tidak ditemukan informasi apa pun di situs web resmi FIFA yang menyatakan gol Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tidak sah.

Kesimpulan

Narasi mengenai Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan gol Bahrain tidak sah merupakan hoaks. Unggahan hanya memperlihatkan kumpulan klip yang menampilkan Infantino.

Tidak ada rilis atau pernyataan resmi Infantino terkait pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia melawan Bahrain pada Kamis (10/10/2024).

Berdasarkan aturan IFAB keputusan wasit bersifat final.

Rujukan