(GFD-2024-23340) [BELUM TERBUKTI] Infused Water dari Nanas Dapat Sembuhkan Jantung Koroner

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 12/10/2024

Berita

Jika anda mengalami jantung kardiovaskuler atau koroner. Jangan menganggap enteng kardiovaskuler terjadi karena penyempitan pembuluh dara arteri oleh jaringan lemak yang mengkristal.

Ada cara untuk menyembuhkan untuk menghancurkan kolesterol tadi yang sudah menjadi kristal di dalam pembuluh darah dengan cara mengkonsumsi nanas. Di dalam nanas terutama di bonggolnya ada yang disebut senyawa bromelain. Senyawa bromelin itu sangat ampuh digunakan untuk melarutkan kristal yang menghalangi pembuluh darah

Hasil Cek Fakta

Artikel disadur dari Tempo.co.

Pada 17 September 2024, akun Facebook “Oma Taci Altafanie” membagikan video yang mengklaim nanas dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner. Video tersebut menyarankan untuk membuat infused water dari nanas dan bonggol nya, yang disebut dapat menghancurkan kolesterol penyebab penyakit jantung.

Dilansir dari artikel periksa fakta yang ditayangkan Tempo.co, Selasa (8/10/2024), Anastasia Hermosaningtyas, peneliti bioteknologi di Poznan University of Medical Science, Polandia, menyatakan bahwa klaim tersebut tidak didukung oleh bukti ilmiah. Meskipun nanas mengandung bromelain, penelitian yang ada hanya menguji ekstrak bromelain dalam dosis tinggi pada tikus, jauh melebihi jumlah yang ada dalam infused water.

Mengutip dari artikel Kieraclinic.com, bromelain memang memiliki efek antiinflamasi dan antitrombotik, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko pembekuan darah, faktor yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Namun, uji coba ini masih terbatas pada hewan, bukan manusia, dan belum membuktikan bahwa bromelain dapat memecah plak atau kolesterol dalam pembuluh darah.

Selain itu, kandungan bromelain dalam nanas jauh lebih rendah dibandingkan dengan dosis yang digunakan dalam penelitian atau produk ekstraksi. Dengan demikian, untuk mendapatkan manfaat yang sama, seseorang harus mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar dalam waktu lama.

Jadi, dapat disimpulkan klaim infused water nanas dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner itu belum terbukti. Unggahan yang disebarkan akun Facebook ‘Oma Taci Altafanie’ tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Unggahan yang berisi informasi infused water dari nanas dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner adalah merupakan konten yang menyesatkan.

Rujukan