(GFD-2024-23337) [HOAKS] Gibran Mengundurkan Diri sebagai Wakil Presiden Terpilih

Sumber:
Tanggal publish: 11/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar konten yang mengeklaim Gibran Rakabuming Raka mengundurkan diri sebagai wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Namun setelah ditelusuri konten tersebut merupakan hasil manipulasi.

Konten yang yang mengeklaim Gibran mengundurkan diri sebagai wakil presiden terpilih salah satunya dibagikan oleh akun TikTok ini dan ini.

Dalam video yang beredar terdapat suara Gibran menyatakan mundur sebagai wakil presiden.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid Gibran mengundurkan diri sebagai wakil presiden terpilih.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, konten tersebut merekayasa video Gibran ketika membacakan pengunduran dirinya sebagai wali kota Solo di Rapat Paripurna DPRD Surakarta pada 16 Juli 2024. 

Dalam video aslinya Gibran mengatakan bahwa ia mundur sebagai wali kota Solo setelah terpilih menjadi wakil presiden di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Video pengunduran diri Gibran sebagai wali kota Solo bisa dilihat di sini. 

Adapun berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

Kesimpulan

Konten yang yang mengeklaim Gibran mengundurkan diri sebagai wakil presiden terpilih merupakan hasil manipulasi.

Faktanya, unggahan tersebut merekayasa video ketika Gibran mengundurkan diri sebagai wali kota Solo pada 16 Juli 2024. 

Sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid Gibran mengundurkan diri sebagai wakil presiden terpilih. Ia akan dilantik pada 20 Oktober 2024. 

Rujukan