(GFD-2024-23317) [HOAKS] Informasi Lowongan Kerja Pertamina pada Awal Oktober 2024

Sumber:
Tanggal publish: 10/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar unggahan di media sosial yang berisi informasi lowongan kerja mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) pada awal Oktober 2024.

Lowongan tersebut menawarkan sejumlah posisi kepala produksi serta bagian administrasi. 

Namun, setelah ditelusuri unggahan tersebut adalah hoaks. Waspada, jangan sampai menjadi korban penipuan.

Lowongan kerja mengatasnamakan Pertamina pada awal Oktober 2024 muncul di media sosial, salah satunya dibagikan akun Facebook ini.

Akun tersebut menuliskan keterangan soal posisi lowongan kerja yang tersedia, persyaratan pelamar, serta fasilitas yang nantinya akan didapatkan.

Dalam unggahan juga dicantumkan tautan nomor WhatsApp untuk menanyakan lebih lanjut soal lowongan kerja tersebut. 

Hasil Cek Fakta

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, memastikan informasi tersebut adalah hoaks.

Pertamina tidak membuka lowongan kerja di awal Oktober 2024. 

"Hoaks, tidak ada (lowongan kerja di awal Oktober)," ujar Fadjar ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/12).

Menurut Fadjar, info soal lowongan kerja Pertamina akan diumumkan melalui media sosial resmi yang ditandai dengan centang biru.

Selain itu, informasinya juga terdapat di laman recruitment@pertamina.com. 

Adapun di laman recruitment@pertamina.com dijelaskan, Pertamina tidak pernah memungut biaya apapun atau bekerja sama dengan travel agen mana pun dalam proses perekrutan pekerja.

Sebelumnya, pada awal September 2024 lalu juga beredar lowongan kerja palsu mengatasnamakan Pertamina. Penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com bisa dilihat di sini. 

Kesimpulan

Unggahan yang berisi lowongan kerja mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) pada awal Oktober 2024 tidak benar atau hoaks. 

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa informasi tersebut bukan dari pihaknya. Menurut Fadjar, kabar itu hoaks.

Informasi soal lowongan kerja Pertamina akan diumumkan melalui media sosial resmi Pertamina dan laman recruitment@pertamina.com.

Rujukan