(GFD-2024-23312) [PENIPUAN] Inul Daratista Bikin Kuis Tebak Buah, Hadiah Rp270 Juta Tanpa Diundi

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 10/10/2024

Berita

“TEBAK NAMA BUAH DI BAWAH YANG BENAR AKU TRANSFER UANG 270 JUTA TANPA DIUNDI. P-A-S-I-G-N.”

Hasil Cek Fakta

Akun Facebook “Riska Saputri” membagikan video reels yang menampilkan Inul Daratista. Pengunggah menarasikan Inul akan mentransfer uang Rp270 juta tanpa diundi, jika penonton berhasil menebak nama buah dari susunan huruf yang diacak.

Unggahan yang beredar sejak Sabtu (21/9/2024) tersebut per Kamis (10/10/2024) telah disukai dua ribu akun dan menuai lebih dari 10 ribu komentar, mayoritas terlihat memercayai kuis tersebut dan ikut menebak kata. Warganet yang berhasil menjawab diarahkan untuk menghubungi pengunggah lewat WhatsApp.

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) kemudian menelusuri akun TikTok asli milik Inul, @inul.daratista. Hasilnya, video unggahan akun Facebook “Riska Saputri” memang merupakan potongan konten Inul yang tayang pada Minggu (7/7/2024). Namun, tidak ada narasi berupa kuis menebak nama buah sebagaimana yang disebarkan “Riska Saputri”.

Jadi, narasi “Inul Daratista bagikan uang 270 juta tanpa diundi bagi yang berhasil tebak kata nama buah” termasuk kategori konten tiruan.

Perlu diketahui, mekanisme undian atau giveaway seperti ini sering kali merupakan modus penipuan. Pelaku biasanya mengarahkan korban untuk menghubungi sebuah nomor, kemudian pelaku meminta data pribadi yang bersifat rahasia dan akhirnya disalahgunakan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Narasi “Inul Daratista bagikan uang Rp270 juta tanpa diundi bagi yang berhasil tebak kata nama buah” termasuk kategori konten tiruan.

Rujukan