(GFD-2024-23311) [SALAH] Anies Baswedan Jadi Ketua Umum Partai Perubahan Indonesia

Sumber: Facebook.com, TikTok.com
Tanggal publish: 10/10/2024

Berita

“Mana Nih pendukung Anak Abah”

“Partai Perubahan Indonesia”

“H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph. D. KETUA UMUM PPI”

Hasil Cek Fakta

Salah satu unggahan video di grup Facebook “INDONESIA BERSUARA” dari akun anonim pada Minggu (29/9/2024) menyebut Anies Baswedan merupakan Ketua Umum Partai Perubahan Indonesia. Video berasal dari akun TikTok “alibaba_id” dan telah dilihat lebih dari 1,3 juta kali dan disukai 100 ribu akun.

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri klaim itu menggunakan mesin pencarian Google dengan kata kunci “Anies Baswedan Ketua Umum Partai Perubahan Indonesia”. Hasilnya, tidak ditemukan pemberitaan kredibel yang membenarkan Anies adalah Ketua Umum Partai Perubahan Indonesia.

Dalam video “Catatan Anies Pasca Pilpres dan Pendaftaran Pilkada 2024” yang diunggah di kanal YouTube resmi Anies Baswedan pada Jumat (20/8/2024), Anies memang mengungkap kemungkinan dirinya membuat organisasi masyarakat (ormas) atau partai baru. Namun, Anies tak secara eksplisit mengatakan ia akan memimpin partai itu dan hanya mengajak publik untuk menunggu perkembangan lebih lanjut.

Sebelumnya, di media sosial beredar tautan (link) pendaftaran Partai Perubahan yang didirikan oleh Anies Baswedan. Konten tersebut sudah dibantah kebenarannya oleh tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax). Anies Baswedan melalui Instagram-nya pada Sabtu (31/8/2024) menyampaikan pihaknya belum mengedarkan apapun terkait adanya ormas atau partai baru.

Dengan demikian, klaim “Anies Baswedan merupakan Ketua Umum Partai Perubahan Indonesia” adalah narasi yang tidak benar, termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Hingga artikel ini ditayangkan, tidak ditemukan pemberitaan kredibel yang membenarkan Anies adalah Ketua Umum Partai Perubahan Indonesia.

Rujukan