(GFD-2024-23292) [HOAKS] Kapal Tenggelam di Selat Bali pada 8 Oktober 2024

Sumber:
Tanggal publish: 09/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Sebuah kapal penumpang dikabarkan tenggelam di Selat Bali pada Selasa (8/10/2024). Informasi ini beredar luas di media sosial hingga hari ini, Rabu (9/10/2024).

Narasi itu disertai video yang menunjukkan sebuah kapal penuh penumpang terbalik dan orang-orang jatuh ke air.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Narasi kapal penumpang tenggelam di Selat Bali pada Selasa (8/10/2024) dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini.

Berikut narasi yang dibagikan:

Kapal tenggelam di selat Bali

Video yang dibagikan dibubuhi teks sebagai berikut:

selat BALI BERDUKA 08.10.2024

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menemukan bahwa video yang dibagikan sama dengan klip yang diklaim sebagai kapal terbalik di Gowa, Sulawesi Selatan, pada 6 Oktober 2024.

Adapun narasi kapal terbalik di Gowa, Sulsel, telah dibantah Kompas.com dalam artikel ini.

Penelusuran gambar menggunakan Google Lens mendeteksi video tersebut sebagai peristiwa kapal terbalik di Danau Kivu, Republik Demokratik Kongo (DRC).

Video yang sama diunggah oleh kanal YouTube CGTN Africa pada 4 Oktober 2024. Sebanyak 78 orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.

Dilansir BBC, kapal tersebut melakukan perjalanan dari Minova di Kivu Selatan dan tenggelam saat tiba di pantai Goma pada 3 Oktober pagi.

Gubernur Kivu Selatan, Jean Jacques Purisi mengatakan, kapal tersebut mengangkut 278 penumpang.

"Diperlukan waktu setidaknya tiga hari untuk mendapatkan jumlah (korban) pastinya, karena belum semua jenazah ditemukan," kata Purisi kepada Reuters.

Video mengenai kapal tenggelam di Kongo itu juga pernah disalahgunakan untuk menyebarluaskan hoaks dengan narasi peristiwa itu terjadi di Gowa, Sulawesi Selatan.

Tim Cek Fakta Kompas.com sudah membongkar hoaks itu melalui artikel berikut: [HOAKS] Kapal Terbalik di Gowa, Sulsel, pada 6 Oktober 2024

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi kapal penumpang tenggelam di Selat Bali pada Selasa (8/10/2024) adalah hoaks.

Video yang dibagikan adalah peristiwa kapal terbalik di Danau Kivu, Republik Demokratik Kongo, pada 3 Oktober 2024. Insiden itu menewaskan 78 orang.

Ini merupakan hoaks yang berulang. Video kapal terbalik di Kongo disebar dengan narasi keliru, seolah-olah terjadi di Indonesia.

Rujukan