(GFD-2024-23289) [PENIPUAN] Foto โ€œNajwa Shihab dirawat di rumah sakit karena penyakit tulangโ€

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 09/10/2024

Berita

Akun Facebook โ€œNajwa Shihabโ€ (fb.com/61567142211274) pada 7 Oktober 2024 membagikan foto yang menampilkan Najwa Shihab yang tampak terbaring di rumah sakit dengan narasi sebagai berikut:

โ€œโ€Peringatan: Komplikasi Osteoartritis dan Asam Urat Sangat Berbahaya, ๐—ษ‘๐—†๐—‰๐—‚๐—‹ ๐—†๐–พ๐—‹๐–พ๐—‡๐—€๐—€แดœ๐— ๐—‡๐—’ษ‘๐—ษ‘ ๐–ฒษ‘๐—’ษ‘

Terima kasih kepada seluruh dokter di ๐—ฅ๐—ฆ๐—œ๐—” ๐—•๐˜‚๐—ป๐—ฑ๐—ฎ ๐—๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ yang telah membantu saya sembuh dari osteoarthritis. Seandainya saya mengetahui obat ini lebih awal, saya tidak akan menderita nyeri tulang dan sendi selama 7 tahun terakhir.โ€ Selengkapnya di Sumber.

Postingan ini mendapatkan lebih dari 1.400 reaksi, 100 Komentar dan 89 kali dibagikan.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang menampilkan Najwa Shihab yang tampak terbaring di rumah sakit dengan klaim bahwa dia dirawat karena penyakit tulang merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, foto Najwa Shihab yang terbaring di rumah sakit itu adalah foto pada tahun 2021 dan dirawat karena gangguan usus. Selain itu, akun Facebook yang mengunggah foto Najwa tersebut adalah akun palsu.

Berdasarkan hasil pencarian menggunakan fitur Bing Images, foto Najwa Shihab yang terbaring di rumah sakit tersebut dimuat di artikel berita berjudul โ€œOpname di RS Tanpa Ditemani, Najwa Shihab Bagikan 10 Kiat yang Ia Lakukan untuk Habiskan Waktuโ€ yang terbit di situs hipwee.com pada 7 Mei 2021. Di artikel ini, terdapat unggahan foto yang sama dari akun Instagram terverifikasi milik Najwa Shihab.

Foto ini diunggah pada 6 Mei 2021 dengan sebagian narasi sebagai berikut: โ€œTerima kasih banyak untuk semua kiriman doanya ya teman2. Alhamdulillah hari ini sudah mulai membaik. Sisa lemas dan mual aja tapi kondisi lain seperti muntah dan diare sdh berkurang. Sakit di situasi pandemi, di kamar sendirian, gak bisa ditengok memang beda. Apalagi untuk mereka yang terpapar covid. Pasti jauh lebih berat. Sending all virtual hugs to all of you fighters out there.โ€

Sebelumnya pada tanggal 5 Mei 2021, Najwa Shihab mengunggah mengunggah foto lengan kirinya yang diinfus di dalam kamar perawatannya di sebuah rumah sakit dengan narasi: โ€œTeman2, Rabu malam ini @matanajwa tdk tayang dulu. Sejak kemarin saya harus dirawat di RS karena gangguan usus. Titip saling mendoakan ya. Semoga kita semua selalu dilindungi, diangkat segala penyakit dan diberkahi kesehatan. Aamin ya Rabb.โ€

Selain itu, berdasarkan hasil pencarian di Facebook, akun Facebook terverifikasi milik Najwa Shihab adalah facebook.com/najwashihabofficial.

Kesimpulan

Informasi yang menyesatkan. Foto Najwa Shihab yang terbaring di rumah sakit itu adalah foto pada tahun 2021 dan dirawat karena gangguan usus. Selain itu, akun Facebook yang mengunggah foto Najwa tersebut adalah akun palsu.

Rujukan