(GFD-2024-23251) [HOAKS] Putri Tanjung Bagi-bagikan Rp 50 Juta

Sumber:
Tanggal publish: 07/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Sebuah video yang diunggah di media sosial mengeklaim pengusaha Putri Tanjung akan membagikan Rp 50 juta di media sosial.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut merupakan hasil manipulasi. Waspada, sebab ada indikasi konten itu merupakan modus penipuan.

Video yang mengeklaim Putri Tanjung akan membagikan Rp 50 juta diunggah oleh akun Instagram ini.

Dalam video, Putri Tanjung mengatakan, untuk mendapat Rp 50 juta yakni dengan mengikuti akun, serta menyukai dan membagikan video tersebut ke sepuluh teman.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menggunakan teknik reverse image searchuntuk menelusuri video Putri Tanjung membagikan Rp 50 juta.

Hasilnya, video tersebut diketahui merupakan hasil manipulasi dengan memanfaatkan foto Putri Tanjung yang ada di artikel CNN Indonesia ini. 

Foto Putri Tanjung dikerayasa seolah ia mengatakan akan memberikan uang Rp 50 juta.

Tim Cek Fakta Kompas.com kemudian mengecek video menggunakan Hive Moderation untuk memastikan apakah konten tersebut merupakan rekayasa artificial intelligence (AI).

Setelah dicek hasilnya video itu terdeteksi memiliki probabilitas mencapai 98,2 persen dihasilkan AI. 

Kesimpulan

Video yang mengeklaim Putri Tanjung akan membagikan Rp 50 juta merupakan hasil manipulasi.

Video tersebut dibuat dengan memanfaatkan foto Putri Tanjung di laman CNN Indonesia.  Setelah dicek, video itu terdeteksi memiliki probabilitas mencapai 98,2 persen dihasilkan AI.

Rujukan