(GFD-2024-23247) [PENIPUAN] Coca-Cola Ulang Tahun, Bagi-Bagi Rp10 Juta dan Ratusan Ponsel

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 08/10/2024

Berita

๐ŸฅณUntuk merayakan ulang tahun Coca Cola di Indonesia, tim ๊“š๊“ณ๊“š๊“ฎ-๊“š๊“ณ๊“ก๊“ฎ ๊“ฒ๊“ ๊““๊“ณ๊“ ๊“ฐ๊“ข๊“ฒ๊“ฎ. memberikan hadiah utama 1 Unit Mobil, Hadiah uang 10 Juta & mengirimkan 400 ponsel Samsung baru kepada semua orang yang mengucapkan "SELAMAT ULANG TAHUN" sebelum tanggal 10 September pukul 7 malam.
Syarat mengikuti undian hadiah ini:
1. Ikuti halaman ๊“š๊“ณ๊“š๊“ฎ-๊“š๊“ณ๊“ก๊“ฎ ๊“ฒ๊“ ๊““๊“ณ๊“ ๊“ฐ๊“ข๊“ฒ๊“ฎ.
2. Bagikan postingan ini ke banyak grup
3. Tinggalkan komentar unit ucapan ulang tahun
Jangan lewatkan kesempatan bagus ini๐Ÿ˜๐Ÿค‘๐Ÿ’ต๐ŸŽ

Hasil Cek Fakta

Halaman Facebook โ€œCoca Cola Indonesiaโ€ pada Senin (2/9/2024) mengunggah foto berisi informasi tentang adanya program pemberian hadiah satu unit mobil, uang Rp10 juta, serta ratusan ponsel, dalam rangka ulang tahun Coca-Cola. Hingga Selasa (8/10/2024), unggahan tersebut sudah dibagikan ulang (share) sekitar 145 kali.

Dari pengamatan tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax), halaman Facebook โ€œCoca Cola Indonesiaโ€ baru dibuat pada awal September 2024 dan tidak memiliki pengikut. Adapun akun Facebook resmi Coca-Cola Indonesia telah bercentang biru dengan 108 juta pengikut.

Dalam laman resmi Coca-Cola Indonesia, yakni coca-cola.com, tidak terdapat informasi mengenai undian tersebut. Pihak Coca-Cola Indonesia pun sejak tahun 2021 sudah memberi imbauan soal undian serta survei berhadiah yang mengatasnamakan Coca Cola.
โ€œSegala bentuk program Cocaโ€‘Cola Indonesia hanya akan diinformasikan melalui kanal dan media sosial resmi Cocaโ€‘Cola Indonesia, serta melalui berita di media cetak ataupun elektronik yang dapat dipertanggungjawabkan,โ€ tulis pihak Coca-Cola.
Jadi, informasi tentang adanya program pemberian hadiah satu unit mobil, uang Rp10 juta, serta ratusan ponsel, dalam rangka ulang tahun Coca-Cola itu merupakan konten tiruan dengan potensi modus penipuan.

Kesimpulan

Informasi yang beredar bukan berasal dari akun resmi Coca-Cola. Sebelumnya, pihak Coca-Cola telah mengimbau masyarakat tentang undian, survei, atau hadiah yang mengatasnamakan Coca-Cola.

Rujukan