(GFD-2024-23228) [BELUM TERBUKTI] Air Rendaman Sawo Bisa Obati Vertigo dalam Tiga Hari

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 07/10/2024

Berita

Obat vertigo ternyata mudah banget hanya menggunakan buah sawo yang mengkal. Caranya tiga gelas air direbus mendidih, kemudian sawo di iris dua bua, kemudian masukkan kedalam air mendidih itu sampai matang, kemudian dinginkan. Minum setengah gelas, dua jam lagi minum lagi, sampai habis. Besok buat lagi, tiga hari sembuh vertigo

Hasil Cek Fakta

Artikel disadur dari Tempo.

Akun Facebook Muhsinsyah Mukhtar” pada Minggu (31/3/2024) membagikan video berisi tips pengobatan vertigo menggunakan buah sawo. Narator menjelaskan sawo setengah matang (mengkal) dapat mengobati vertigo dengan cara direbus, kemudian diminum dalam kurun waktu tiga hari.

Dilansir dari Tempo.com, Peneliti bioteknologi di Poznan University of Medical Science, Polandia, Anastasia Hermosaningtyas, menjelaskan tanaman sawo—mulai dari buah, daun, hingga kayu—mengandung banyak nutrisi. Namun, penggunaan sawo untuk pengobatan vertigo belum teruji secara ilmiah. Belum ada penelitian yang mengkonfirmasi manfaat air rebusan sawo setengah matang bagi penderita vertigo.

Dokter umum Nurul Fajriah Afiatunnisa dari Universitas La Tansa Mashiro dalam penjelasannya di laman Hellosehat.com menyebut pasien perlu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf terdekat bila mengalami pusing berputar, mual, atau muntah.

Dengan demikian, klaim “konsumsi air rebusan sawo mengkal dapat menyembuhkan vertigo” itu belum terbukti. Unggahan akun Facebook Muhsinsyah Mukhtar” yang berisi informasi tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Tanaman sawo—mulai dari buah, daun, hingga kayu—mengandung banyak nutrisi. Namun, penggunaan sawo untuk pengobatan vertigo belum teruji secara ilmiah.

Rujukan