(GFD-2024-23227) [BELUM TERBUKTI] Air Rebusan Daun Sisik Naga Ampuh Hilangkan Asma

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 07/10/2024

Berita

Salah satu manfaat dari daun sisik naga yaitu bisa mengobati penyakit paru-paru asma dan juga sesak napas. Caranya pun cukup gampang ambil satu genggam daun sisik naga cuci hingga benar-benar bersih rebus dengan satu gelas air sampai tersisa setengahnya dan diminum dua kali sehari secara rutin.

Hasil Cek Fakta

Artikel disadur dari Tirto.

Akun Facebook “Maya Pulut” pada Selasa (17/9/2024) membagikan video reels berisi tips kesehatan. Konten yang disukai lebih dari 900 akun dan dibagikan 242 kali per Senin (7/10/2024) itu menyebut konsumsi air rebusan daun sisik naga dapat menyembuhkan penyakit asma.

Dilansir dari artikel periksa fakta yang ditayangkan Tirto.id, Rabu (2/10/2024), dokter umum Nurul Fajriah Afiatunnisa menyatakan klaim tentang air rebusan daun sisik naga dapat menyembuhkan asma masih perlu diuji secara klinis.

Mengutip laman Siloam Hospitals, asma tidak dapat sembuh secara total. Namun, ada beberapa cara meringankan gejala dan mencegahnya kambuh kembali untuk sementara, yakni penggunaan inhaler sebagai pertolongan pertama saat serangan asma muncul.

Jadi, dapat disimpulkan klaim mengonsumsi air rebusan daun sisik naga dapat menyembuhkan penyakit asma itu belum terbukti. Unggahan yang disebarkan akun Facebook ‘Maya Pulut’ tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Unggahan yang berisi informasi tentang air rebusan daun sisik naga dapat menyembuhkan penyakit asma adalah merupakan konten yang menyesatkan.

Rujukan