(GFD-2024-23194) [SALAH] Snack merek "Luppo" Mengandung Tablet Yang Membuat Pingsan Anak-anak

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 04/10/2024

Berita

Beredar sebuah postingan oleh akun facebook โ€œAmarin Solikhinโ€ dalam bentuk video yang memperlihatkan seseorang membelah jajanan lalu menemukan dua benda bulat berukuran kecil seperti tablet berwarna putih. Video tersebut diklaim adanya peredaran jajanan kue dari Israel berisi tablet yang bisa membuat lumpuh.

Narasi:
Amaran..!

*LUPPO* Sejenis โ€œKue kekโ€ yang dipanggil *LUPPO* telah dilancarkan di pasaran. Ia mengandungi dua tablet kecil.

*Ada yang mengatakan ia adalah tablet yang MELUMPUHKAN ANAK ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ง๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ง ANAK*

Tolong, *tonton video ini dan fahami. VIRALKAN* kepada teman2 anda juga. dilaporkan hanya dijual di kawasan sekolah.

Pastikan *ANAK ๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ง๐Ÿ‘ถ ANAK anda tidak membeli dan memakan barang yang membahayakkan tersebut.*

*GILAAA Abiss KELAKUAN Orang JAHAT ๐Ÿ˜ˆ๐Ÿ‘น๐Ÿ˜ˆ yg Ingin Menghancurkan NEGARA ini,, agar GENERASI ANAK BANGSA ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ dan RAKYAT ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ MATI ๐Ÿ’€โšฐ๐Ÿ’€โšฐ๐Ÿ’€โšฐPERLAHAN Namun PASTI*

*baru KUASAI Negara ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ*

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut pernah beredar pada tahun 2020 yang diklaim merupakan jajanan dari Israel, namun ternyata informasi terkait dengan Luppo tersebut adalah hoaks. Produk jajanan yang ada pada video tersebut diproduksi oleh perusahaan Turki, Solen.

Juru bicara untuk Solen, perusahaan Turki yang memproduksi krim kelapa batangan Luppo, mengonfirmasi bahwa produk tersebut hanya dijual di Irak. Camilan tersebut dibuat di Turki, tetapi hanya dijual di Irak. Sehingga tidak akan masuk ke Indonesia.

Salah satu laman pemeriksa fakta, Snopes menjelaskan, tidak jelas apa yang ditunjukkan rekaman itu atau pada tahap apa atau oleh siapa tablet tersebut ditambahkan ke dalam permen yang dimaksud. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa benda-benda tersebut dimasukkan oleh produsen camilan asal Turki, atau bahwa tablet tersebut menyebabkan kelumpuhan.

Solen dengan tegas menolak keaslian video viral tersebut. Dalam pernyataan email terperinci dan panjang yang dikirim ke Snopes, juru bicara perusahaan tersebut menyebut rekaman tersebut menipu, tidak berdasar, dan palsu, serta mengatakan bahwa rekaman itu diproduksi sepenuhnya dengan tujuan pencemaran nama baik.

Informasi tersebut juga pernah diklarifikasi pada laman Turnbackhoax.id pada Januari 2020, dengan judul โ€œ[SALAH] โ€œSnack berbahaya dibuat di Israelโ€.

Kesimpulan

Solen, perusahaan Turki yang memproduksi krim kelapa batangan Luppo, mengonfirmasi bahwa produk tersebut hanya dijual di Irak. Juru bicara perusahaan tersebut menyebut rekaman tersebut menipu, tidak berdasar, dan palsu, serta mengatakan bahwa rekaman itu diproduksi sepenuhnya dengan tujuan pencemaran nama baik.

Rujukan