(GFD-2020-23193) [SALAH] “Snack berbahaya dibuat di Israel”

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 09/01/2020

Berita

* “🚨 AWAS!
Snack ini adalah berbahaya. Dibuat di Israel dan diekspor ke Negara Asia….di dalam snack ini mengandung tablet yang bisa membuat seseorang lumpuh!!!
OLEH KARENA ITU JANGAN BELI, JANGAN DIMAKAN…!!!
Tolong sebarkan….!!!

keyword: snack israel, luppo

Hasil Cek Fakta

Pelintiran daur ulang, produk Turki BUKAN Israel. Sebelumnya diedarkan untuk mendiskreditkan merek Luppo berkaitan dengan konflik Kurdi vs Turki.

Snopes: “Sölen memberikan beberapa dokumen yang menunjukkan sertifikasi keselamatan pabrik tempat produk Sölen, termasuk bar krim kelapa Luppo, diproduksi. Inspeksi tersebut dilakukan oleh perusahaan Swiss, SGS.

Yang terpenting, juru bicara itu juga menunjukkan bahwa di antara beberapa sistem penyaringan yang digunakan dalam memproduksi dan memproses adonan, krim, cokelat, dan komponen pengisian dari berbagai batang Luppo adalah salah satu yang menghalangi partikel yang lebih besar dari 700 mikron (0,7 milimeter) dengan tinggi atau lebar.

“Tablet” yang diperlihatkan dalam cuplikan video viral jelas lebih besar dari dimensi itu, dan karenanya tidak dapat ditambahkan ke bilah kue saat sedang dibuat. Juru bicara itu juga mencatat bahwa proses produksinya sepenuhnya otomatis, artinya komponen setiap camilan “tidak tersentuh oleh tangan manusia” hingga setiap produk sudah ada dalam kemasannya.”

Kesimpulan

Pelintiran daur ulang, produk Turki BUKAN Israel. Sebelumnya diedarkan untuk mendiskreditkan merek Luppo berkaitan dengan konflik Kurdi vs Turki.

Rujukan