(GFD-2024-23157) [HOAKS] Akun Facebook Produk Minuman Bersoda Bagikan Hadiah

Sumber:
Tanggal publish: 01/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Muncul sebuah halaman Facebook yang mengatasnamakan produk minuman bersoda, Coca-Cola.

Akun tersebut menawarkan berbagai hadiah dalam rangka ulang tahun Coca-Cola Indonesia.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang disebarkan akun itu adalah hoaks.

Halaman Facebook dengan nama COCA-COLA INDONESIA mengunggah tawaran hadiah pada 2 September 2024. Arsipnya dapat dilihat di sini.

Pengguna Facebook diminta memberi ucapan selamat ulang tahun di kolom komentar, mengikuti halaman Facebook tersebut, dan membagikan unggahan tersebut.

Pengguna yang melakukan langkah tersebut sebelum 10 September 2024, berkesempatan memenangkan berbagai hadiah yang akan diundi.

Berikut narasinya:

Untuk merayakan ulang tahun Coca Cola di Indonesia, tim ????-???? ?????????. memberikan hadiah utama 1 Unit Mobil, Hadiah uang 10 Juta & mengirimkan 400 ponsel Samsung baru kepada semua orang yang mengucapkan "SELAMAT ULANG TAHUN" sebelum tanggal 10 September pukul 7 malam.

Syarat mengikuti undian hadiah ini:1. Ikuti halaman ????-???? ?????????.2. Bagikan postingan ini ke banyak grup3. Tinggalkan komentar unit ucapan ulang tahun

Jangan lewatkan kesempatan bagus ini

akun Facebook Tangkapan layar konten hoaks di sebuah akun Facebook, 2 September 2024, menampilkan halaman Facebook Coca-Cola menawarkan undian berhadiah.

Hasil Cek Fakta

Akun Facebook menawarkan undian berhadiah dalam rangka ulang tahun Coca-Cola merupakan akun palsu.

Akun Facebook asli Coca-Cola memiliki tanda centang biru. Akun tersebut menyertakan situs web resmi dan memiliki ratusan juta pengikut.

Melalui situs web resminya, Coca-Cola mengimbau kepada konsumen untuk waspada dengan survei berhadiah mengatasnamakan Coca-Cola.

"Segala bentuk program Coca-Cola Indonesia hanya akan diinformasikan melalui kanal dan media sosial resmi Coca-Cola Indonesia, serta melalui berita di media cetak atauelektronik yang dapat dipertanggungjawabkan."

"Jadi, pastikan Anda hanya mendapatkan informasi seputar program Coca-Cola Indonesia dari sumber yang terpercaya," tulisnya.

Selain phishing, halaman Facebook mengatasnamakan Coca-Cola kemungkinan besar dibuat untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Ketika halaman Facebook telah mendapat target pengikut atau keterlibatan pengguna yang ingin dicapai, akun tersebut dapat dijual atau dimanfaatkan untuk berbagai tujuan.

Kesimpulan

Halaman Facebook Coca-Cola menawarkan undian berhadiah merupakan hoaks. Halaman Facebook itu bukan akun asli milik Coca-Cola.

Kemungkinan, halaman Facebook tiruan tersebut dibuat untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Rujukan