(GFD-2024-23156) [HOAKS] Tautan Pendaftaran Undian BRI Festival

Sumber:
Tanggal publish: 01/10/2024

Berita

KOMPAS.com - Berbagai unggahan beredar di media sosial, berisi tautan yang diklaim untuk mendaftar gebyar undian Bank Rakyat Indonesia (BRI) Festival.

Namun, setelah ditelusuri unggahan tersebut adalah hoaks. Unggahan itu terindikasi sebagai modus penipuan.

Tautan pendaftaran gebyar undian BRI Festival muncul di muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini,ini dan ini.

Akun tersebut membagikan tautan dan logo BRI. Unggahan tersebut diberi keterangan:

Buruan daftar gebyar ???????????????????????? ???????????? ????????????????????????????????,Yuk Ambil ???????????????????? ???????????????????????? Anda Caranya

Tekan tombol yang bertulisan ???????????????????????? dibawah Gambar ini.Sobat BRI Selamat kamu telah beruntung Jangan lewatkan kesempatan memenangkan ???????????????????????? ???????????????????? & Uang Milyaran Rupiah dan Berbagai ???????????????????????? ???????????????????????????? ????????????????????????????.

Ketentuan Berlaku :"Untuk Seluruh Nasabah Bank BRI"#BRImo #BRIpoin #BRIbanking

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook, tautan yang diklaim untuk mendaftar undian BRI Festival

Hasil Cek Fakta

Ketika ditelusuri, tautan tersebut tidak mengarah ke situs resmi BRI. Tautan justru berisi permintaan untuk mengisi data pribadi seperti nomor ponsel serta saldo rekening.

Ketika dikonfirmasi, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi memastikan unggahan tersebut tidak benar. Unggahan itu, menurut dia, mengarah pada penipuan.

BRI tidak pernah meminta data pribadi di media sosial untuk kepentingan undian berhadiah.

Hendy meminta masyarakat untuk tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain, termasuk pihak yang mengatasnamakan BRI.

"Hal tersebut dipastikan tidak benar. BRI mengimbau seluruh nasabah untuk waspada kepada segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab," ujar Hendy kepada Kompas.com, Senin (30/9/2024).

Hendy menambahkan, BRI hanya menggunakan website dan media sosial resmi sebagai sarana komunikasi yang bisa diakses masyarakat.

Webiste resmi BRI adalah www.bri.co.id, sementara media sosial resmi BRI ditandai dengan centang biru.

Kesimpulan

Tautan yang diklaim sebagai pendaftaran gebyar undian BRI Festival  tidak benar atau hoaks. Tautan tersebut tidak mengarah ke situs resmi BRI dan justru meminta data pribadi nasabah.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi menyebut unggahan tersebut mengarah pada penipuan. BRI tidak pernah meminta data pribadi di media sosial untuk kepentingan undian berhadiah.

Rujukan