(GFD-2024-23139) [HOAKS] Unggah Teks "Goodbye Meta AI" Mencegah Data Digunakan untuk Latih AI

Sumber:
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Facebook mengunggah teks yang diklaim dapat mencegah Meta (perusahaan induk Facebook) menggunakan data mereka untuk melatih model kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, unggahan tersebut tidak berpengaruh terhadap kebijakan Meta soal data pengguna dan AI, juga AI generatif.

Teks yang diklaim dapat mencegah Meta menggunakan data pengguna untuk pelatihan AI dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada Senin (30/9/2024).

Berikut teks yang dibagikan:

Goodbye Meta AI it's been a nightmare. Please note an attorney advised us to put this up, failure to do so may result in legal consequences. Since Meta is now a public entity, all members must publish a similar statement.

If you do not publish at least once, it is assumed that you agree with them using your information and photos. I do not authorize Meta or anyone else to use my personal data, profile information or photos.

(Selamat tinggal Meta AI, ini merupakan mimpi buruk. Harap diperhatikan bahwa seorang pengacara menyarankan kami untuk mempublikasikan hal ini, jika tidak, hal ini dapat mengakibatkan konsekuensi hukum. Karena Meta sekarang adalah entitas publik, semua anggota harus mempublikasikan pernyataan serupa.

Jika Anda tidak mempublikasikan setidaknya satu kali, diasumsikan bahwa Anda setuju dengan mereka menggunakan informasi dan foto Anda. Saya tidak mengizinkan Meta atau siapa pun untuk menggunakan data pribadi, informasi profil, atau foto saya.)

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com tidak menemukan bukti bahwa pengguna yang menyalin dan mengunggah teks "Goodbye Meta AI" dapat mencegah Meta menggunakan data pengguna untuk melatih AI.

Pada September 2023 di konferensi Connect, Meta mengumumkan peluncuran fitur AI generatif terbaru dan penjelasan soal pengelolaan data pengguna untuk pelatihan AI.

Berikut penjelasan Meta:

Post yang dibagikan secara publik di Instagram dan Facebook - termasuk foto dan teks - merupakan bagian dari data yang digunakan untuk melatih model AI generatif yang mendasari fitur-fitur yang kami umumkan di Connect.

Kami tidak melatih model-model ini dengan menggunakan post pribadi. Kami juga tidak menggunakan percakapan pribadi Anda dengan teman dan keluarga untuk melatih AI kami.

Kami dapat menggunakan data dari penggunaan stiker AI Anda, seperti pencarian stiker yang Anda gunakan dalam obrolan, untuk meningkatkan model stiker AI kami.

Menurut MIT Technology Review, pengguna platform Meta di Amerika Serikat atau negara lain yang tidak memiliki undang-undang privasi data nasional, tidak memiliki cara mencegah Meta menggunakan data mereka untuk melatih AI.

Pengguna yang tidak menginginkan hal tersebut dapat mengatur pengaturan akun mereka menjadi privat untuk meminimalkan risiko.

Sementara itu, pengguna di Uni Eropa dan Inggris, yang dilindungi oleh aturan perlindungan data yang ketat, memiliki hak untuk menolak data mereka digunakan untuk pelatihan AI.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, teks yang diklaim dapat mencegah Meta menggunakan data pengguna untuk pelatihan AI adalah hoaks.

Tidak ada bukti bahwa menyalin dan mengunggah teks "Goodbye Meta AI" dapat mencegah Meta menggunakan data pengguna untuk melatih AI.

Rujukan