(GFD-2024-23138) [HOAKS] Video Pengusaha Prajogo Pangestu Janjikan Rp 20 Juta

Sumber:
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

KOMPAS.com- Sebuah video yang tersebar di media sosial mengeklaim pengusaha Prajogo Pangestu menjanjikan uang Rp 20 juta.

Namun, setelah ditelusuri video tersebut merupakan hasil manipulasi.

Prajogo Pangestu merupakan orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan Bloomberg pada akhir Juni 2024. Total harta kekayaannya mencapai 64,2 miliar dollar Amerika Serikat atau Rp 1.053 triliun. 

Video yang menampilkan Prajogo Pangestu menjanjikan uang Rp 20 juta dibagikan oleh akun Instagram ini.

Dalam video Prajogo Pangestu mengatakan, untuk mendapat Rp 20 juta yakni dengan mengikuti akun, serta menyukai dan membagikan unggahan tersebut.

Selain itu, bagi mereka yang tertarik juga diminta untuk mengeklik tautan yang disertakan dalam bio akun Instagram tersebut.

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri video tersebut menggunakan Yandex. Hasilnya video merupakan hasil manipulasi menggunakan foto yang ada di laman Insert Live ini.

Foto tersebut diunggah di laman Insert Live pada tahun 2019 dalam artikel berjudul "Prajogo Pangestu, Sopir Angkot yang Jadi Orang Terkaya Nomor 3 RI".

Kemudian Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek suara Prajogo Pangestu menjanjikan uang Rp 20 juta menggunakan AI Voice Detector.

Setelah dicek, suara Prajogo Pangestu terdeteksi dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan probabilitas mencapai 91,13 persen.

Adapun sampai ini tidak terdapat informasi kredibel Prajogo Pangestu membagikan uang Rp 20 juta kepada masyarakat. 

Kemudian, Kompas.com juga menelusuri tautan yang disertakan dalam bio akun Instagram pengunggah.

Tautan itu menuju salah satu channel di aplikasi pesan Telegram. Dalam deskripsi, channel itu menjanjikan siap membantu pendanaan dan menyediakan konsultasi melalui Telegram.

Waspada, jangan sampai kita terjebak penipuan yang dilakukan dengan modus mencatut tokoh pengusaha, kemudian menjaring calon korban untuk melakukan percakapan.

Jangan sembarangan percaya dan mengikuti hal-hal mencurigakan di media sosial, apalagi jika diiringi penawaran atau hadiah.

Kesimpulan

Video Prajogo Pangestu menjanjikan uang Rp 20 juta merupakan hasil manipulasi. Video itu merakayasa foto Prajogo Pangestu dengan AI seolah ia berbicara akan memberikan uang kepada masyarakat. 

Setelah dicek, suara Prajogo Pangestu terdeteksi dihasilkan AI dengan probabilitas mencapai 91,13 persen.

Rujukan