(GFD-2024-23096) [PENIPUAN] Bantuan BPJS Subsidi 2024 Sebesar Rp250 Juta Klaim melalui Whatsapp

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

*INFO RESMI*
SELAMAT !!!!
Nomor Anda Terdaftar
Sebagai Penerima Dana
Bantuan BPJS KESEHATAN
Di Kantor Pusat Jakarta
*IDR.250.000.000 Juta*
Utk Info Penerima Bantuan
Harap Laporkan ID Penerima Anda
ID Penerima: *25AK47*
Kirim Ke WhatsApp: https://wa[dot]me/+6288804673262
*KEGUNAAN DANA BANTUAN BPJS*
*1.BIAYA BEROBAT*
*2.BIAYA SEKOLAH*
*3.MODAL USAHA*
*4.MEMBANGUN RUMAH*
*PENANGGUNG JAWAB*
————————————–
*BPJS KESEHATAN JAKARTA PUSAT*
*SAHRUL GUNAWAN*

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun facebook dengan nama Bantuan BPJS subsidi 2024 menunggah sebuah postingan yang berisikan informasi dana bantuan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp250 juta. Dalam postingan tersebut, pengunggah meminta kepada penerima bantuan untuk melaporkan ID yang diterima dan mengirimkannya pada nomor whatsapp yang tertera.

Setelah diselidiki lebih lanjut, akun tersebut bukanlah akun facebook resmi milik BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan diketahui hanya memiliki 1 akun facebook resmi yakni @BPJSKesehatanRI, dalam akun tersebut pun tidak ditemukan unggahan mengenai dana bantuan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp250 juta yang mengharuskan masyarakat mengirimkan nomor ID-nya pada sebuah akun whatsapp tertentu.

Selain itu, pengunggah juga menyertakan sebuah video dalam postingan tersebut. Akan tetapi video tersebut tidak memiliki korelasi dengan klaim unggahan dikarenakan video yang digunakan merupakan video milik kompastv dengan judul “Hari Pelanggan Nasional jadi Momentum BPJS Ketenagakerjaan Dorong Pekerja untuk Tumbuh dan Kuat”. Oleh sebab itu, klaim dana bantuan BPJS Kesehatan sebesar Rp250 juta yang diperoleh dengan mengirimkan nomor ID pada sebuah akun whatsapp tidak benar adanya.

Kesimpulan

Faktanya, postingan tersebut tidak diunggah oleh akun resmi BPJS Kesehatan. Selain itu, video yang digunakan tidak mendukung dengan klaim yang disampaikan oleh pengunggah.

Rujukan