(GFD-2024-23079) [PENIPUAN] TVOne Tayangkan tentang Obat Tekanan Darah Tinggi dari Cina

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

KEAJAIBAN CHINA AKAN MEMBUAT TEKANAN DARAH ANDA STABIL SEPERTI KOSMONOT DALAM 24 JAM

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun di media sosial Facebook mengunggah video program Kabar Petang berlogo TVOne yang menyiarkan obat tekanan darah tinggi dari Cina. Tayangan itu menghadirkan konsultan dokter spesialis jantung, Dr. Radityo Prakoso, SpJP(K).

Presenter dalam video itu, Tysa Novenny menyampaikan bahwa Radityo bersama ahli jantung terbaik di Beijing menciptakan teknik unik untuk mengobati hipertensi dalam 24 jam. Radityo juga memberikan testimoni, tentang obat temuan mereka yang diklaim sudah menyembuhkan ribuan orang di Cina dan Indonesia dalam tempo 24 jam.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut mirip dengan unggahan di kanal Youtube Heartology Cardiovascular Hospital pada Mei 2021 yang berjudul “Tatalaksana intervensi non bedah pada penyakit jantung bawaan”. Pada video tersebut, Radityo menjelaskan tentang tatalaksana intervensi non bedah pada penyakit jantung bawaan. Menurutnya, kasus baru Penyakit Jantung Bawaan (PJB) di Indonesia berkisar 43.200 per tahunnya. Dengan majunya perkembangan medis, kasus PJB dapat ditangani tanpa pembedahan.

Sementara itu, dilansir dari Instagram presenter Kabar Petang TVOne, Tysa Novenny mengatakan bahwa ia tidak pernah menyiarkan berita tersebut. Tysa mengatakan wajah dan suaranya dicatut untuk bisnis obat. Malui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan klaim program Kabar Petang berlogo TVOne yang menyiarkan obat tekanan darah tinggi dari Cina adalah salah.

Kesimpulan

Video yang menyiarkan dan mempromosikan obat tekanan darah tinggi oleh TVOne adalah tidak benar. Video tersebut merupakan hasil rekayasa teknik AI-generated audio.

Rujukan