(GFD-2024-23074) [SALAH] Manggis di Luar Negeri Tumbuh Merambat Berbeda dengan di Indonesia

Sumber: Tiktok.com
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

Manggis ini merambat layaknya ubi jalar #manggis

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun tiktok dengan nama Love Fruit mengunggah sebuah video dengan klaim manggis di luar negeri tumbuh dengan cara yang berbeda dengan manggis yang ada di Indonesia. Pengunggah menyampaikan narasi bahwa manggis di luar negeri tumbuh merambat seperti sebuah ubi jalar.

Faktanya, manggis bukanlah tanaman merambat. Pohon manggis sendiri merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 hingga 25 meter. Tanaman ini memiliki nama latin Garcinia Mangostana yang dikenal sebagai buah tropis yang unik dengan ujung buahnya membentuk juring dengan jumlah sesuai dengan jumlah isi daging buahnya. Selain rasa buah yang manis dengan tampilan eksotik, buah manggis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran bila buah ini dijuluki sebagai “queen of fruits”.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pohon manggis merambat tidak benar adanya. Berkaitan dengan video tersebut, diduga buah manggis yang sudah dipanen ditempelkan pada tanaman lain yang tumbuh dengan cara merambat.

Kesimpulan

Faktanya, pohon manggis bukanlah tanaman merambat. Buah manggis di video tersebut diduga ditempelkan pada tumbuhan lain yang tumbuh secara merambat.

Rujukan