(GFD-2024-23050) Cek Fakta: Joel Piro Resmi Pindah Negara, Bisa Bela Timnas Indonesia

Sumber:
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

Suara.com - Muncul narasi di media sosial yang menyebut pemain sepak bola asal Belanda resmi pindah negara menjadi warga negara Indonesia sehingga bisa bergabung dengan Timnas membela Indonesia.

Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Media Sport pada 23 September 2024 lalu.

Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut:

SEMUA TERKEJUT !! JOEL PIROE RESMI PINDAH NEGARA TANGIS HARU SANG ISTRI JOEL PIROE BISA BELA TIMNAS

Lantas benarkah narasi tersebut?

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta Suara.com, diketahui bahwa narasi yang disampaikan tidaklah benar. Setelah diamati, narator dalam video itu membahas soal pemain Leeds United, Joel Piroe yang disebut-sebut masih memiliki garis keturunan dari Indonesia.

Setelah ditelusuri, pernyataan yang disampaikan dalam video tersebut ternyata termuat di laman https://bola.okezone.com.

Artikel ini berjudul “Apakah Penyerang Leeds United Joel Piroe Punya Darah Indonesia dan Bisa Perkuat Timnas Indonesia?”.

Ditemukan fakta penting dalam artikel ini, di mana tertulis pemain Leeds United tersebut tidak memiliki darah Indonesia melainkan Belanda dan Suriname.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi tentang pernyataan yang mengatakan bahwa Joel Piroe resmi pindah negara dan bisa membela Timnas Indonesia tidaklah benar atau hoaks.