(GFD-2024-23040) [SALAH] Video Begal di Jalan Sendang Mulyo Semarang 26 September 2024

Sumber: Youtube.com
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

26 September 2024

Hasil Cek Fakta


Ahir-akhir ini video yang menampilkan tindak kekerasan beredar di berbagai media sosial. Salah satunya di Youtube Short. Video itu menampilkan kawanan begal merampas motor korban dengan menggunakan sajam pada waktu malam hari. Pada video menarasikan kejadian terjadi pada 26 September 2024 di Jalan Sendang Mulyo Meteseh, Semarang pada pukul 20.17.

Saat dilakukan penelusuran, video itu terjadi di Jalan Raya Purwakarta KM 7, Kp. Muara Cipada, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kab Bandung Barat pada 17 September 2024. Dilansir dari Tribatanews Polda Jawa Barat, polisi mengamankan 5 pelaku. Menurut laporan Kapolres Cimahi pelaku merupakan warga Kabupaten Cianjur, namun beraksi di wilayah Bandung Barat.

Polrestabes Kota Semarang memastikan video pembegalan di Jalan Sendang Mulyo Semarang tidak benar. Pihak Polrestabes Semarang memberikan penjelasan pada akun Instagram @humas_polrestabessmg. Dalam narasi unggahan tersebut Polrestabes mengimbau warga menyaring informasi dan selalu mengkroscek kebenaran informasi yang di dapat.

“Kepada seluruh warga kota semarang jika melihat atau mengetahui
1. ada warga yang membawa/menyimpan senjata tajam sarana tawuran
2. Remaja pesta miras meresahkan atau indikasi mau tawuran
3. Adanya gerombolan gangster maupun kelompok balap liar
segera laporkan ke aplikasi LIBAS atau hub 110” tulis keterangan unggahan di akun Instagram Polrestabes Semarang.

Kesimpulan

BUKAN DI SEMARANG. Video tersebut terjadi di Jalan Raya Purwakarta KM 7, Kabupaten Bandung Barat pada 17 September 2024.

Rujukan