(GFD-2024-23034) [SALAH] Diksi Merdeka: “Warga Bali : Ini Bali Bukan Jawa Jadi Mohon Volume TOA Brengsek Di Perkecil”

Sumber: TikTok
Tanggal publish: 30/09/2024

Berita

“Warga Bali : Ini Bali Bukan Jawa Jadi Mohon Volume TOA Brengsek Di Perkecil”.

Hasil Cek Fakta

Akun TikTok @1q_223 (Alibaba) mengunggah tangkapan layar berita Diksi Merdeka yang berjudul “Warga Bali : Ini Bali Bukan Jawa Jadi Mohon Volume TOA Brengsek Di Perkecil”. Unggahan tersebut telah disukai 3,176 orang dan mendapatkan 2,564 komentar dalam waktu dua hari.

Ketika memasukkan judul berita tersebut di search bar web resmi Diksi Merdeka, tidak ditemukan artikel dengan judul demikian. Bahkan ketika memasukkan keyword “Ini Bali bukan Jawa volume TOA diperkecil” di pencarian Google, tidak ditemukan berita mengenai warga Bali yang memprotes suara TOA dan menyebutkan bahwa mereka ada di Bali bukan Jawa.

Setelah menelusuri foto utama berita yang terlihat di tangkapan layar, ditemukan beberapa artikel yang menggunakan foto sama persis, yang membahas mengenai Pramuka Bali, bukan toa masjid. Salah satunya artikel Kata Bali berjudul “Putri Suastini Koster Harap Pramuka Bali Jadi Contoh Pramuka Lain di Nusantara” dan artikel dari Media Pelangi yang berjudul “Ny. Putri Koster, Berharap Pramuka Bali Terus Bergerak Melalui Kegiatan dan Program Tepat Sasaran”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun TikTok @1q_223 adalah konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Konten yang dimanipulasi. Media Diksi Merdeka tidak pernah menulis berita dengan judul tersebut dan tidak ada media yang menulis judul berita demikian.

Rujukan