(GFD-2024-23032) [KLARIFIKASI] Narasi Marilyn Monroe Ajak Albert Einstein Menikah adalah Anekdot

Sumber:
Tanggal publish: 27/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Aktris Amerika Serikat era 1950-an, Marilyn Monroe, disebut pernah mengajak ilmuwan yang menemukan teori relativitas, Albert Einstein, untuk menikah.

Menurut narasi yang beredar, Monroe menginginkan anak yang rupawan seperti ibunya dan cerdas seperti ayahnya.

Namun, Einstein menolak ajakan tersebut dengan mengatakan bahwa mungkin saja anak mereka tidak rupawan seperti ayahnya dan bodoh seperti ibunya.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut keliru. Kisah yang beredar luas di internet itu dianggap sebagai anekdot, lelucon, dan dikategorikan satire.

Narasi Marilyn Monroe mengajak Albert Einstein menikah dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, dan ini, pada September 2024.

Berikut narasi yang dibagikan:

Pada suatu ketika, artis Marilyn Monroe pernah mengatakan kepada media bahwa dia ingin menikah dengan (ilmuwan) Albert Einstein.

Alasannya adalah dia ingin memiliki anak sempurna dan yang cantik seperti ibunya, serta pintar seperti ayahnya.

Kemudian wartawan mewawancarai Albert Einstein terkait dengan keinginan Marilyn Monroe.

Albert Einstein menolak cinta Marilyn Monroe dan berkata kepada media: bagaimana kalau anaknya nanti jelek seperti ayahnya dan bodoh seperti ibunya?

Singkat padat dan jelas

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com tidak menemukan bukti Marilyn Monroe dan Albert Einstein pernah bertemu atau menjalin hubungan asmara.

Selain itu, tidak ditemukan pernyataan Monroe di media atau surat kabar mana pun soal keinginannya mengajak Einstein menikah.

Untuk diketahui, Monroe lahir pada 1 Juni 1926 dan meninggal pada 4 Agustus 1962. Sementara, Einstein lahir pada 14 Maret 1879 dan meninggal pada 18 April 1955.

Narasi Monroe mengajak Einstein menikah kemungkinan adalah anekdot yang berasal dari rumor tentang adanya hubungan mesra di antara keduanya.

Monroe diketahui mengagumi Einstein. Hal tersebut diungkapkan oleh aktris Shelley Winters, yang pernah tinggal sekamar dengan Monroe pada 1940-an.

Dikutip dari Vanity Fair, Winters mengatakan bahwa ia dan Monroe pernah membuat daftar nama lelaki yang ingin diajak kencan.

Winters terkejut saat mendapati nama Einstein tertulis dalam daftar Monroe. Namun, tidak pernah ada bukti bahwa Monroe dan Einstein pernah berkencan.

Kemudian, rumor soal adanya hubungan mesra antara Einstein dan Monroe semakin kuat setelah foto sang peneliti ditemukan di antara barang-barang peninggalan Monroe.

Foto Einstein dilengkapi tanda tangan sang peneliti dan pesan romantis sebagai berikut: "Untuk Marilyn, dengan rasa hormat, cinta, dan terima kasih".

Namun, keabsahan foto tersebut sebagai bukti hubungan mesra Monroe dan Einstein dibantah oleh Pengadilan Banding dan Peninjauan Sejarah di San Francisco pada Juli 2021.

Dilansir Orlando Sentinel, Hakim Kota George Choppelas mengatakan, foto itu adalah lelucon antara Monroe dan temannya, Eli Wallach, yang mengetahui sang aktris mengagumi Einstein.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi Marilyn Monroe mengajak Albert Einstein menikah adalah informasi yang keliru dan perlu diluruskan.

Narasi Monroe mengajak Einstein menikah kemungkinan adalah anekdot yang berasal dari rumor tentang adanya hubungan mesra di antara mereka.

Rujukan