(GFD-2024-23031) [HOAKS] Meneteskan ASI ke Mata Bayi Dapat Menyembuhkan Belekan

Sumber:
Tanggal publish: 27/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial dengan klaim yang menyatakan air susu ibu (ASI) yang diteteskan ke mata bayi dapat menyembuhkan sakit mata atau belekan.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi tersebut hoaks.

Narasi meneteskan ASI ke mata bayi dapat menyembuhkan belekan dibagikan oleh akun Facebook ini pada 24 Juli 2024.

Berikut narasi yang dibagikan:

Yg aku tau ASI itu paling aman, paling baik, dan paling bersih Kok d bilang mengandung bakteri 

Nih yah mba, maap maap ni yeee Aku dari kecil klau sakit mata, mama sibuk Carikan aku ibuk2 yg menyusui, d mintain asi nya buat tetes k mata ku, sembuh kok dan smpai sekarang penglihatan ku Alhamdulillah baik2 aja ..

Dan anak ku yg kedua pun Alhamdulillah matanya bersih, sembuh dari belekan setelah beberapa kali dan tetesin asi ..

Hasil Cek Fakta

Diberitakan Kompas.com, dokter spesialis anak RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Aisya Fikritama mengatakan, ASI tidak berkhasiat mengobati belekan pada bayi.

"Memang saking baiknya, ASI itu mengandung antibodi. Namun, antibodi tersebut bisa berfungsi ketika ASI masuk ke saluran pencernaan, bukan diteteskan di mata," kata Aisya.

Menurut Aisya, mata bayi yang belekan tidak bisa disembuhkan dengan tetesan ASI. Meneteskan ASI ke mata bayi dikhawatirkan malah membuat belekan pada bayi bertambah parah.

Aisya menyebutkan, pernah dilakukan penelitian di Amerika Serikat untuk menemukan manfaat meneteskan ASI ke mata bayi belekan.

Penelitian tersebut melibatkan 23 ibu yang baru melahirkan di AS. Peneliti mengobservasi penetesan ASI terhadap bayi yang matanya belekan.

Hasil penelitian menunjukkan, meneteskan ASI ke mata bayi justru bisa menambahkan bakteri baru ke dalam mata dan memicu infeksi lebih serius.

Aisya mengatakan, penelitian lain juga membuktikan hasil serupa terkait dengan efek ASI yang diteteskan pada mata bayi.

Menurut Aisya, penelitian tersebut dilakukan karena ibu menyusui di AS juga tertarik untuk melakukan hal yang sifatnya mitos, seperti meneteskan ASI pada mata bayi.

"Kenapa kok bisa terjadi seperti itu? Dalam penelitian itu disebutkan ada satu atau dua orang ibu yang meneteskan ASI pada bayi yang matanya belekan dan berhasil, nah terus itu dijadikan pengalaman dan tolok ukur keberhasilan ASI mengobati mata belekan pada bayi," tuturnya.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, narasi meneteskan ASI ke mata bayi dapat menyembuhkan belekan adalah hoaks.

Hasil penelitian menunjukkan, meneteskan ASI ke mata bayi justru bisa menambahkan bakteri baru ke dalam mata dan memicu infeksi lebih serius.

Rujukan