(GFD-2024-23023) [SALAH] Foto “Nelayan Papua Menangkap Hewan yang Belum Pernah Terlihat Sebelumnya”

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 29/09/2024

Berita

“Nelayan Papua menangkap hewan yang belum pernah terlihat sebelumnya”

Hasil Cek Fakta

Beredar beberapa foto di Facebook yang diklaim merupakan seekor hewan yang belum pernah terlihat sebelumnya ditemukan di laut oleh nelayan Papua.

Namun setelah foto tersebut dimasukkan ke pendeteksi AI dari Hive Moderation, ditemukan hasil bahwa foto-foto tersebut merupakan hasil buatan AI.

Foto pertama mendapatkan hasil sebesar 92,7% bahwa video tersebut merupakan buatan AI. Foto kedua menunjukkan hasil 98,9% foto memiliki probabilitas adalah buatan AI.

Hewan tersebut juga bukan hewan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Hewan dalam foto tersebut merupakan axolotl, mengutip dari detik.com, axolotl dikenal sebagai ikan berjalan Meksiko. Axolotl ini merupakan hewan amfibi asli perairan dekat Mexico.

factcheck.afp.com sebelumnya juga sudah pernah membantah postingan dengan gambar serupa, dalam artikelnya juga disebut bahwa hewan dalam foto tersebut merupakan axolotl. Dalam artikel oleh AFP juga disebutkan bahwa foto tersebut dibuat dengan AI, postingan Facebook yang menjadi sumber asli dari foto tersebut juga menambahkan label bahwa konten dibuat dengan AI.

Dengan demikian, foto nelayan Papua menangkap hewan yang belum pernah dilihat sebelumnya adalah tidak benar dengan kategori Konten Palsu.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto-foto tersebut merupakan gambar hasil AI-generated dengan besaran persentasi probabilitas hingga 98,9%.

Rujukan