(GFD-2024-23001) [SALAH] Hasil Foto Alasan Kenapa Burung Elang Difoto dari Samping

Sumber: TikTok.com
Tanggal publish: 27/09/2024

Berita

“Fakta Menarik Seputar Dunia. Inilah salah satu alasan mengapa Elang selalu difoto dari samping”

Hasil Cek Fakta

Sebuah postinga di TikTok membagikan beberapa foto yang diklaim merupakan fakta menarik seputar dunia, foto pada slide ke-2 hingga ke-5 menunjukkan komparasi perbedaan foto jaman dulu dan sekarang pada beberapa lokasi. Hingga pada slide ke-6 menunjukkan komparasi perbedaan foto elang dari samping dan dari depan, terlihat foto elang dari depan matanya jadi seperti mata manusia, disematkan juga narasi alasan mengapa elang selalu difoto dari samping.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id, disebutkan bahwa foto tersebut tidak benar. Melalui Kompas, Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN, Hidayat Ashari menyebut bahwa foto tersebut dapat dipastikan merupakan hasil editan.

Penelusuran untuk mencari pengambilan gambar burung elang dari hadapan depan, ditemukan foto burung elang yang matanya terlihat bulat tidak seperti mata manusia seperti dalam postinga TikTok tersebut.

Dengan demikian, foto depan burung elang dalam postingan TikTok tersebut adalah tidak benar dengan kategori Satire/Parodi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya telah membantah klaim tersebut. Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN menyebut bahwa foto tersebut dapat dipastikan merupakan hasil editan.

Rujukan