(GFD-2024-23000) [SALAH] SRI MULYANI BONGKAR KORUPSI JOKOWI KEPADA PRABOWO

Sumber: youtube.com
Tanggal publish: 27/09/2024

Berita

SRI MULYANI BONGKAR KORUP JOKOWI KEPADA PRABOWO ?. @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!
TAKUT DIPENJARA
SRI MULYANI BONGKAR KORUP JKW

Hasil Cek Fakta

Sebuah video bernarasikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bongkar korupsi Jokowi kepada Prabowo beredar dari channel youtube bernama Garis Politik pada 25 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari detik.com berjudul “Sri Mulyani Umumkan APBN Defisit Rp 153,7 Triliun”. Dalam artikel ini membahas tentang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sampai Agustus 2024 defisit Rp 153,7 triliun. Realisasi itu setara dengan 0,68% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Selain itu terdapat juga narasi yang membahas tentang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak Bank Dunia (World Bank) untuk menyusun strategi agar Indonesia bisa keluar dari status negara berpendapatan menengah atau middle income trap. Narasi ini bersumber dari artikel detik.com yang berjudul “Sri Mulyani Minta Tolong Bank Dunia buat Keluarkan RI dari Middle Income Trap”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang membahas tentang Sri Mulyani bongkar korupsi Jokowi kepada Prabowo tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video juga tidak ditemukan pemberitaan terkait Sri Mulyani bongkar korupsi Jokowi kepada Prabowo.

Rujukan