(GFD-2024-22994) [HOAKS] Pengobatan Ida Dayak di Kabupaten Karimun 5-7 Oktober 2024

Sumber:
Tanggal publish: 26/09/2024

Berita

KOMPAS.com- Beredar poster dalam unggahan media sosial yang menginformasikan pengobatan alternatif Ida Dayak di Gedung Nasional Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada 5 sampai 7 Oktober 2024.

Namun, setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Poster yang menyebut Ida Dayak akan melakukan pengobatan di Gedung Nasional Kabupaten Karimun muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini.

Dalam poster juga tertera nomor WhatsApp untuk mendaftar pengobatan Ida Dayak.

Hasil Cek Fakta

Dikutip dari Tribun Batam,  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karimun memastikan informasi tersebut adalah hoaks.

Tidak ada kegiatan pengobatan Ida Dayak di Gedung Nasional Kabupaten Karimun pada awal Oktober 2024.

Informasi keliru soal pengobatan Ida Dayak sebelumnya juga beredar di wilayah lain di Kepulauan Riau. 

"Sampai saat ini itu tidak benar atau hoaks. Informasinya ini juga menyebar di Tanjungpinang dan Bintan," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Karimun, Muhammad Reza, Rabu (25/9/2024).

Menurut Reza, unggahan itu merupakan penipuan. Sebab, masyarakat yang ingin berobat diminta mengirim uang terlebih dahulu.

"Ini penipuan. Berita ini sudah viral di Tanjungpinang. Nanti kita diminta transfer untuk biaya pendaftaran sebesar Rp 350 ribu," ujarnya.

Kesimpulan

Poster yang menyebut Ida Dayak akan melakukan pengobatan di Gedung Nasional Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau adalah hoaks. 

Diskominfo Kabupaten Karimun memastikan tidak ada kegiatan pengobatan Ida Dayak di wilayahnya pada awal Oktober 2024. 

Rujukan