(GFD-2024-22954) Cek Fakta: Maarten Paes Fasih Berbicara dengan Bahasa Indonesia

Sumber:
Tanggal publish: 26/09/2024

Berita

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah video yang memuat narasi mengenai pemain Timnas Sepak Bola Indonesia, Marteen Paes sangat fasih berbicara dengan bahasa Indonesia.

Dalam video yang diunggah oleh akun youtube bernama @aliefpangkas87 diperlihatkan Maarten Paes sedang diwawancarai dengan bahasa Indonesia dan dijawab juga menggunakan bahasa Indonesia. Postingan tersebut juga telah dilihat sebanyak 314 ribu penonton di Youtube.

Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut:

Maarten Paes Paseh Bener Bahasa Indonesianya

Lantas benarkah klaim tersebut?

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta Suara.com, Setelah dilakukan pengecekan menggunakan google search image, ditemukan dua postingan yang mirip dengan unggahan youtube tersebut, pertama pada akun tiktok Dun Hill dan akun youtube Timnas United.

Terdengar di video tersebut, Maarten Paes tengah diwawancarai dengan menggunakan bahasa Inggris dan ia pun menjawab juga menggunakan bahasa Inggris.

Sementara itu, terpantau dalam wawancara dengan Metro TV, Maarten menjelaskan dirinya masih terus belajar bahasa Indonesia untuk memperlancar komunikasi dengan rekan-rekan satu tim.

Walau demikian, Maarten Paes belum sepenuhnya lancar dalam berbahasa Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa dirinya siap untuk diwawancarai memakai bahasa Indonesia pada Oktober mendatang.

Berdasarkan hasil pengecekan suara pada video tersebut menggunakan Hive Moderation, hasil menunjukkan 99,8% bahwa suara dalam video tersebut merupakan buatan AI atau kecerdasan buatan.

Kemungkinan besar, video asli yang memuat wawancara dalam bahasa Inggris diubah dengan menggunakan bahasa Indonesia menggunakan bantuan AI.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebut Maarten Paes fasih berbahasa Indonesia tidaklah benar alias hoaks. Konten tersebut termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.