(GFD-2024-22938) Cek Fakta: Tiket Timnas vs Bahrain Ludes Dibeli 90 Ribu Suporter Indonesia

Sumber:
Tanggal publish: 25/09/2024

Berita

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah video dengan narasi tentang suporter Indonesia yang memborong 90 ribu tiket dalam laga timnas kontra bahrain. Diperlihatkan pula dalam thumbnail video, ekspresi wajah terkejut sejumlah pemain bola dunia.

Video tersebut diunggah di kanal Youtube Liganya Dagelan pada 20 September 2024.

Berikut narasi yang disampaikan:

Mega Bintang Dunia Kaget! Tiket Timnas vs Bahrain Diborong 90 Ribu Suporter Indonesia, Rekor Pecah.

Benarkah klaim tersebut?

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran fakta Suara.com, ditemukan bahwa narasi yang disampaikan dalam video tersebut tidaklah benar.

Ketika dicermati, ternyata tidak ada pernyataan yang menerangkan bahwa tiket pertandingan Timnas vs Bahrain sudah ludes diborong oleh 90 ribu suporter Indonesia.

Melansir artikel https://bola.okezone.com, pertandingan antara Timnas Indonesia kontra Bahrain dalam laga kualifikasi Piala Dunia ronde ketiga akan berlangsung pada 10 Oktober 2024 di Bahrain National Stadium.

Sementara itu, seperti yang tertera di laman https://sportcorner.id, stadium tersebut hanya dapat menampung hingga 35 ribu penonton. Selain itu, dari total keseluruhan bangku yang ada di stadion tersebut, suporter away Timnas Indonesia hanya mendapat kuota sebanyak 1500 tiket saja.

Thumbnail video tersebut juga memperlihatkan sejumlah pesepakbola top dunia yang digambarkan takjub dengan jumlah suporter timnas yang memenuhi stadion.

Sementara itu, dalam video tidak ditemukan narasi atau penjelasan tentang sikap para pesepakbola top dunia terkait klaim suporter Indonesia borong 90 ribu tiket pertandingan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidaklah benar pnarasi yang mengatakan suporter Indonesia memborong tiket hingga 90 ribu untuk memenuhi stadon di Bahrain. Konten tersebut termasuk kategori menyesatkan.