(GFD-2024-22934) CEK FAKTA: Kaesang dan Erina Gudono Bersembunyi di China

Sumber:
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bersembunyi di China.

Sebuah video bernarasikan Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono bersembunyi di China beredar dari channel youtube bernama Infotama News pada 8 September 2024.

Berikut narasi yang disampaikan:

TERB0NGKAR DIMANA KAESANG DAN ISTRINYA BERSEMBUNYI ~ BREAKING NEWS

Lantas benrakha klaim tersebut?

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta Suara.com, diketahui bahwa gambar thumbnail yang menampilkan pesawat jet itu mirip dengan gambar yang dimuat dalam artikel ayojakarta.com dengan judul “Muncul Ke Publik Setelah Polemik Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, Kaesang Pilih Bungkam Saat Diminta Klarifikasi”. Diketahui pula bahwa gambar tersebut sudah dimanipulasi dengan tambahan beberapa gambar lain.

Sementara itu, narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tribunnews.com yang berjudul “Dicari KPK, Keberadaan Kaesang Masih Misterius”. Dalam artikel ini membahas tentang keberadaan Kaesang Pangarep yang masih misterius setelah beberapa waktu lalu Kaesang bersama istrinya Erina dikabarkan di luar negeri Amerika Serikat (AS).

Kesimpulan

Berdasarakan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dengan klaim Kaesang dan Erina bersembunyi di China adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.