(GFD-2024-22927) CEK FAKTA: Indonesia Auto Lolos Piala Dunia usai FIFA Diskualifikasi Arab Saudi

Sumber:
Tanggal publish: 17/09/2024

Berita

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah video dengan narasi yang menyatakan bahwa Federasi Sepak Bola Saudi Arabia (SAFF) didiskualifikasi oleh FIFA pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Video tersebut merupakan unggahan akun Youtube 'Timnas Pedia' pada 2 September 2024 dan telah dilihat lebih dari 4000 kali.

Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut:

"FIFA Diskualifikasi SAFF Saudi Arabia Dari Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Auto Lolos,"

Lantas benarkah klaim tersebut?

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta Suara.com, informasi yang disampaikan dalam konten tersebut ternyata tidaklah benar. Setelah video diamati secara keseluruhan, isi dengan judul yang disematkan tidak sinkron. Narator dalam video hanya berbicara tentang Timnas Indonesia yang akan menghadapi Arab Saudi di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pemeriksa fakta mencari pernyataan terkait dan menemukan di salah satu artikel https://bolasport.com.

Artikel tersebut berjudul “Head to Head Arab Saudi di Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Kontra Tim ASEAN – Timnas Indonesia Wajib Waspada” yang ditulis oleh Sasongko Dwi Saputro dan dipublikasikan pada 2 September 2024. Dalam artikel ini juga tidak ditemukan pernyataan FIFA yang mendiskualifikasi SAFF.

Bukti lain memperlihatkan dalam akun resmi FIFA Arab Saudi baru saja melakukan pertandingan dengan Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia pada 6 September 2024.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi tentang FIFA diskualifikasi Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) adalah salah. Unggahan tersebut termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.