(GFD-2024-22885) [HOAKS] Michael Bambang Hartono Bagikan Rp 50 Juta di Medsos

Sumber:
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Video yang mengeklaim pengusaha Michael Bambang Hartono menjanjikan bantuan Rp 50 juta melalui nomor WhatsApp beredar di media sosial.

Michael Hartono merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Nilai kekayaan Michael tercatat Rp 396 triliun pada akhir Juli 2024.

Namun, nama orang ketiga terkaya di Indonesia itu dicatut untuk penipuan di media sosial. Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan hasil manipulasi.

Video yang mengeklaim Michael Bambang Hartono menjanjikan bantuan Rp 50 juta muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini, ini dan ini.

Dalam video Hartono mengatakan, untuk mendapat Rp 50 juta yakni dengan menyukai dan membagikan unggahan tersebut. Unggahan itu juga mencantumkan nomor kontak, berikut narasinya:

LANGSUNG KE WHATSAPP0882-7642-5567

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut Michael Bambang Hartono membagikan Rp 50 juta

Hasil Cek Fakta

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri video tersebut menggunakan teknik reverse image search. Hasilnya, video tersebut identik dengan unggahan di kanal YouTube Kumparan ini.

Dalam video aslinya Hartono tidak menjanjikan bantuan Rp 50 juta, namun membicarakan soal cabang olahraga bridge.

Video itu diambil pada 2018 setelah Michael Hartono meraih medali perunggu pada cabang olahraga bridge dalam Asian Games 2018.

Saat itu Hartono mengatakan, bonus medali perunggu dari pemerintah ia kembalikan untuk pengembangan olahraga bridge di Indonesia.

Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek suara dalam video menggunakan Hive Moderation.

Hasilnya, suara Hartono menjanjikan bantuan Rp 50 juta memiliki probabilitas 99.1 persen dihasilkan oleh artificial intelligence (AI).

Manipulasi suara itu kemudian ditempel pada video, seolah-olah Michael Hartono membagi-bagi uang hingga Rp 50 juta.

Kesimpulan

Video yang mengeklaim Michael Bambang Hartono menjanjikan bantuan Rp 50 juta merupakan hasil manipulasi. Dalam video aslinya ia membicarakan soal olahraga bridge.

Ketika dicek menggunakan Hive Moderation suara Hartono terdeteksi dihasilkan AI.

Rujukan