(GFD-2024-22879) [PENIPUAN] Eks Menkes Terawan Agus Putranto Rekomendasikan Obat Prostatitis

Sumber: Facebook.com
Tanggal publish: 24/09/2024

Berita

Metode inovatif untuk prostatitis dalam 9 hari. Dokter terkenal di seluruh negeri, Terawan menjawab telah membuktikan metode baru untuk mengobati prostatitis dalam 9 hari. Metode ini telah digunakan oleh lebih dari 147.000 orang di seluruh negeri

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun di media sosial Facebook menampilkan sebuah video seorang presenter berita Metro TV membawakan berita tentang mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merekomendasikan obat yang bisa menyembuhkan prostatitis dalam sembilan hari.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, video tersebut bukan merupakan wawancara Dokter Terawan di Metro TV, melainkan video interview Dokter Terawan di Kompas TV yang diunggah di Youtube pada Juli 2022 dengan judul “Terawan: Saya Menolak Alasan yang Menyangkut Politik Medis - ROSI”.

Selain itu, dalam video tersebut Terawan tidak merekomendasikan obat prostatitis. Dalam interview itu, ia memberikan penjelasan mengenai hubungannya dengan IDI setelah ia dipecat dari keanggotaan.

Melalui penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan klaim mengenai mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merekomendasikan obat yang bisa menyembuhkan prostatitis dalam sembilan hari adalah salah. Video Terawan merupakan hasil manipulasi dengan AI sehingga suara terdengar mirip dengan suara aslinya.

Kesimpulan

Klaim mengenai mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto merekomendasikan obat yang bisa menyembuhkan prostatitis dalam sembilan hari adalah hasil manipulasi dengan AI sehingga suara Terawan terdengar mirip dengan suara aslinya.

Rujukan