(GFD-2024-22864) [SALAH] Luhut Binsar Panjaitan Memarahi Najwa Shihab Terkait Postingan “Peringatan Darurat”

Sumber: Youtube.com
Tanggal publish: 24/09/2024

Berita

rasain najwa dimarahin opung luhut

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video di Youtube yang memperlihatkan wawancara Najwa Shihab bersama Luhut Binsar Panjaitan, pada video ini terlihat bahwa Luhut sedang mengkritisi Najwa karena menentang rencana perubahan Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah oleh DPR.

Dalam wawancara tersebut, Luhut mengatakan, “Kau sebagai warga negara renungkan setiap tindakanmu dalam situasi krisis macam ini. Jangan kamu sok paling pahlawan sendiri sok paling bersih, ya. Jangan. Keadaan ini sekarang bicara soal nyawa manusia, bicara masalah kemanusiaan”.

Saat dilakukan pencarian dengan bantuan sistem pencarian gambar, Yandex, ditemukan hasil jika video tersebut memiliki kemiripan dengan video yang diunggah channel Youtube Najwa Shihab yang berjudul “Luhut: Banyak Orang Kumpul-Kumpul karena Birahi Kekuasaan (Part 2) | Mata Najwa” pada tahun 24 September 2020 lalu.

Faktanya video ini merupakan wawancara yang dilakukan Najwa Shihab kepada Luhut pada saat Indonesia berupaya menggelar Pilkada selama pandemi Covid-19. Lalu momen ketika wawancara Najwa Shihab dengan Luhut Binsar Pandjaitan mulai memanas dapat dilihat mulai menit 9:28.

Komentar Luhut tentang warga negara yang perlu merenungkan tindakan mereka selama krisis tidak ditujukan pada Najwa karena mendukung protes pada Agustus 2024 kemarin, melainkan tentang bagaimana semua orang harus bersikap menjelang Pilkada 2020 yang terjadi di tengah pandemi.

Kesimpulan

Faktanya video wawancara tersebut tidak ada hubungannya dengan demo UU Pilkada 2024 ini. Video itu merupakan wawancara Luhut Binsar Pandjaitan dengan Najwa Shihab di tahun 2020 yang membahas mengenai penanganan pandemi COVID-19 oleh pemerintah dan juga pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi.

Rujukan