(GFD-2024-22852) [HOAKS] Chairul Tanjung Bagikan Rp 50 Juta sebagai Rasa Syukur

Sumber:
Tanggal publish: 23/09/2024

Berita

KOMPAS.com - Sebuah video yang diunggah dan beredar di media sosial mengeklaim pengusaha Chairul Tanjung akan membagikan Rp 50 juta kepada masyarakat.

Klaim dalam unggahan itu menyatakan, Chairul membagikan uang sebagai bentuk nazar dan rasa syukurnya.

Namun, setelah ditelusuri unggahan tersebut merupakan hasil manipulasi. 

Video Chairul Tanjung akan membagikan Rp 50 juta muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Instagram ini.

Dalam video Chairul Tanjung mengatakan untuk mendapat Rp 50 juta cukup dengan mengikuti akun tersebut serta menyukai dan meneruskan unggahan.

Berikut keterangan yang ditulis sebagai caption dalam unggahan.

NAZAR SAYA HARI INI ATAS RASA SYUKUR SAYA

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, video tersebut identik dengan unggahan di kanal YouTube ini.

Dalam video itu. Chairul Tanjung membagikan pengalamannya menjadi pengusaha sukses. Menurut dia, dalam bisnis selalui dibutuhkan inovasi sehingga perusahaannya tetap terus bertahan.

Namun, Chairul Tanjung tidak menjanjikan uang Rp 50 juta. Tidak ada satu pun kalimat penawaran uang dalam video tersebut.

Kemudian, Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek suara Chairul Tanjung menjanjikan uang Rp 50 juta menggunakan Hive Moderation.

Hasilnya, suara tersebut terdeteksi dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau AI dengan probabilitas 99.5 persen.

Dengan demikian, video itu menggunakan hasil suara Chairul Tanjung yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Video Chairul Tanjung akan membagikan Rp 50 juta merupakan hasil manipulasi. Dalam video aslinya ia membagikan pengalamannya sebagai pengusaha. Tidak ada satu pun penawaran uang dalam video aslinya.

Setelah dicek menggunakan Hive Moderation suara Chairul Tanjung terdeteksi dihasilkan oleh  AI dengan probabilitas 99.5 persen.

Rujukan